Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Berdayakan Ekonomi, Ansor Tegal Luncurkan Toko Kieta Quality

Berdayakan Ekonomi, Ansor Tegal Luncurkan Toko Kieta Quality
Pembukaan toko retail ansor di Kabupaten Tegal (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Pembukaan toko retail ansor di Kabupaten Tegal (Foto: NU Online/Nurkhasan)

Tegal, NU Online

Wujud Keseriusan dalam menggarap ekonomi kader, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tegal, Jawa Tengah resmi meluncurkan 'Toko Kieta Quality' cabang Jembayat, Margasari, Kabupaten Tegal, Ahad (6/9). 

 

Grand opening ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tegal Nurfanani. Hadir dalam kesempatan itu, Pengurus Harian PC GP Ansor, Anggota DPRD Kabupaten Tegal H Mu'min, Pengurus MWCNU Margasari, Kepala Desa Jembayat, Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kabupaten Tegal dan sejumlah undangan lain. 

 

Nurfanani mengatakan, Toko Kieta Quality rencana dibuka di setiap Kecamatan se-Kabupaten Tegal. Dimulai dari ujung Jembayat Margasari, selanjutnya Dukuhturi, dan Kecamatan lain.

 

"Khusus kader Ansor jangan kemudian disia-siakan kesempatan ini. Kami sudah membuka peluang lewat PAC untuk Ketua / pengurus Ranting untuk menjadi pengusaha apapun. Yang pengin buka warung kita suplai, yang mau jualan kopi kita suplai. Yang paling penting adalah niatnya," tandasnya.

 

Terkait nama toko lanjutnya, kenapa namanya kieta bukan Ansormart. Menurutnya merupakan bagian dari strategi awal. Ansor organisasi sudah besar. Kita sebagai kader yang membutuhkan Ansor. Jadi Ansor organisasi yang sudah mapan terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. 

 

"Tinggal bagaimana kita menggiring potensi kadernya di bidang ekonomi. Toko ini sebagai wadah. Jika ada kader yang punya produk bisa dititipkan di toko kieta," ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, pada kepengurusan periode ini, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tegal fokus pada bidang ekonomi. Tetapi tidak melalaikan kewajiban kita untuk tetap menjaga amaliyah aswaja An-Nahdliyah. 

 

"Pengajian harus tetap jalan, kegiatan-kegiatan Ansor harus tetap jalan, semuanya harus tetap jalan. Jadi, ini bagian dari Nahdlatul Tujjar. Kalau dagang ya Insyaallah berkah,"ungkapnya.

 

Pembukaan toko retail Ansor Kabupaten Tegal  'Toko Kieta Quality' ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tegal Nurfanani (Foto: Nurkhasan)

 

Fanani memohon doa restu dan dukungan kepada semua pihak untuk suksesnya program ekonomi kader Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tegal. 

 

"Tujuan program ini dalam rangka kemandirian organisasi dan kemandirian kader Ansor dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Ini sesuai visi misi Gerakan Pemuda Ansor," pungkasnya. 

 

Ketua Lembaga Perekonomian PC GP Ansor Kabupaten Tegal M Jafarudin kepada NU Online, Selasa (8/9) menuturkan, peluncuran Toko Kieta Quality merupakan pengejawantahan dari program PC GP Ansor Kabupaten Tegal masa khidmat 2020 - 2024 dibawah nahkoda Nurfanani yang mengusung tema besar 'kemandirian ekonomi kader'. 

 

"Saya berharap Toko Kieta Quality dapat meningkatkan perekonomian kader Ansor Banser di wilayah setempat khususnya dan masyarkat pada umumnya," katanya. 

 

Menurutnya, Kieta Quality adalah embrio dari proyek program Gerakan Pemuda Ansor untuk membangun franchise waralaba dengan pengelolaan secara profesional. 

 

"Rencana ke depan Toko Kieta Quality secara bertahap akan dibuka di setiap Kecamatan se-Kabupaten Tegal. Untuk perdana ini kita membuka cabang di Jembayat Kecamatan margasari, ternyata antusias dan respons masyarakat menyambut sangat baik. Karena kita menyajikan produk seperti di minimarket sebelah, tapi dengan harga di bawah minimarket lain," terangnya. 

 

Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile