Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Perkuat Ekonomi Umat, Ansor di Tegal Dirikan Koperasi Sahabat

Perkuat Ekonomi Umat, Ansor di Tegal Dirikan Koperasi Sahabat
Ansor di Kabupaten Tegal dirikan koperasi syariah untuk memenuhi dan melayani kebutuhan anggota dan calon anggota (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Ansor di Kabupaten Tegal dirikan koperasi syariah untuk memenuhi dan melayani kebutuhan anggota dan calon anggota (Foto: NU Online/Nurkhasan)

Tegal, NU Online

Gerakan Pemuda Ansor Desa Dermasandi, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dirikan 'Koperasi Simpan Pinjam Sahabat' (KSP Sahabat). Acara peluncuran KSP Sahabat berbarengan dengan pertemuan Jamiyah Rijalul Ansor di kediaman Afif , Senin (7/9) malam. 

 

Ketua PR GP Ansor Dermasandi Moh Naenul Rizqoni kepada NU Online, Selasa (8/9) mengatakan, KSP Sahabat merupakan koperasi simpan pinjam untuk melayani anggota golongan menengah ke bawah khususnya anggota dan Pengurus GP Ansor dengan harapan memperkuat ekonomi anggota. 

 

"KSP Sahabat ini langsung dikelola oleh Lembaga Ekonomi PR GP Ansor Dermasandi," katanya.

 

Menurutnya, KSP Sahabat memiliki beberapa keunggulan yang nantinya berperan strategis dalam membuat dan memperkuat ekonomi anggota beserta keluarganya dengan membuat perubahan perekonomian berbasis syariah.  

 

“Fokus KSP Sahabat pada kegiatan pengembangan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kesejahteraan pengusaha mikro serta UMKM-UMKM bawah melalui kegiatan menabung khususnya bagi masyarakat Dermasandi. Kebetulan banyak dari anggota Ansor Dermasandi yang bergerak di bidang UMKM,” urainya.

 

Alumnus Institut Agama Islam Bakti Negara Slawi itu menambahkan, tantangan bisnis di era sekarang semakin tinggi bagi setiap pembisnis pemula, apalagi dengan sistem permodalan yang semakin menyulitkan. 

 

"Sedang di sisi lain pebisnis kelas kakap menari di atas situasi masyarakat yang serba pas pasan,” ucapnya.

 

Dalam peluncuran tersebut, Ansor Dermasandi sengaja dibarengi dengan kegiatan Jamiyah Istighotsah dan Shalawat Rijalul Ansor dengan harapan berkah Istighotsah dan Shalawat, KSP Sahabat bisa langsung beroperasi dan menjadi mitra serta melayani anggota KSP dengan baik nantinya. 

 

"Alhamdulillah baru kami resmikan sudah ada antrian yang siap menjadi anggota dan calon anggota KSP Sahabat. Mereka kebanyakan dari anggota dan Pengurus Ansor Dermasandi yang bergerak di bidang usaha yang ditekuni seperti penjual pentol keliling, penjual bakso, penjual alat tulis, penjual pulsa, supir angkutan, pengusaha bengkel, dan lainnya. Nantinya mereka menjadi anggota dan calon anggota KSP Sahabat dengan konsep qardhul hasan," imbuhnya.

 

Pengelola KSP Sahabat Hendro Safari menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Ansor Dermasandi yang diberikan untuk mengelola KSP Sahabat. "Insyaallah saya optimis dan akan dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Kebetulan saya juga sudah puluhan tahun bekerja di sektor perbankan," ucapnya.

 

"Kami siap menjalankannya dengan baik dan penuh tanggung jawab, kalau di Ansor sifatnya intruksional. Kalau Ketua sudah memberikan intruksi, maka harus dijalani dengan ikhlas dan sabar. Mengingat di Ansor tidak ada bayarannya alias namanya barakah," sambungnya.

 

Kendati demikian, Hendro menilai langkah Ansor Dermasandi saat ini sangat tepat. Dalam rangka membangkitkan ekonomi keumatan maka diperlukan adanya badan yang mengelola keuangan secara transparan dan saling menguntungkan. 

 

"Kalau di KSP Sahabat Insyaallah semuanya untung, sebab Rizqon sudah menyampaikan kalau sudah bergabung dengan Ansor maka kalau kaya 1 harus kaya semua. Kita mulai dari sekarang dengan menabung. Sebab ada peribahasa menabung pangkal kaya," pungkasnya. 

 

Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile