Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Panen Melimpah Petani Cirebon setelah Gunakan Pupuk Bio Organik Produksi LPPNU

Panen Melimpah Petani Cirebon setelah Gunakan Pupuk Bio Organik Produksi LPPNU
Panen padi di kompleks Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Rabu (9/9). (Foto: Ayub Alansori)
Panen padi di kompleks Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Rabu (9/9). (Foto: Ayub Alansori)

Cirebon, NU Online

Lembaga Pengembangan Pertanian NU (LPPNU) PCNU Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menyelenggarakan silaturahim kelompok tani binaan lembaga tersebut sekaligus panen di area sawah Pondok Pesantren Kempek Cirebon, Rabu (9/9).

 

Ketua LPPNU Kabupaten Cirebon, Nasihin, mengatakan kegiatan tersebut merupakan ikhtiar dalam memberikan solusi terhadap hambatan yang biasa dirasakan para petani.

 

"Biasanya para petani terhambat biaya obat dan pupuk yang mahal. Maka kami LPPNU memberikan solusi agar para petani menggunakan pupuk bio organik B100 produksi LPPNU yang jauh lebih ekonomis dan efisien," jelas Nasihin.

 

Selain itu, kata Nasihin, dengan menggunakan pupuk bio organik B100 hasil panen padi dan jagung semakin melimpah dibanding menggunakan pupuk lain.

 

"Panen padi di area sawah Pondok Pesantren Kempek ini sebagai salah satu indikator bahwa kehadiran LPPNU di tengah-tengah petani cukup membantu para petani. Terlebih penggunaan pupuk B100 produksi atau hasil panen meningkat," jelasnya kepada NU Cirebon Online.

 

Muhsin salah seorang perwakilan petani memberikan testimoninya, yang dipanen merupakan padi varietas IR 32 dengan memakai pupuk bio organik atau hayati B100 LPPNU.

 

"Hitungan hasil pengubinan per hektar mendapat 10 ton padahal di lahan tadah hujan," tegas Muhsin.

 

Kemandirian petani dan sinergi program

Ketua PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Sayerozi menegaskan, sudah saatnya kemandirian pangan dicapai oleh Nahdliyin karena Nahdliyin terbiasa mandiri.

 

"Hari ini regulasi sudah nyata-nyata memihak kepada petani baik modal, pupuk, dan hasil panennya. Selain itu, PCNU mendorong petani Nahdliyin untuk tidak gagap teknologi. Teknologi pertanian harus kita kuasai sehingga tidak ketinggalan salah satunya teknologi pupuk organik termasuk di market-market online nantinya," jelas Kang Aziz, biasa ia disapa.

 

Sementara itu Staff Kepresidenan Aini Nuryani, dalam sambutannya mengapresiasi keterlibatan LPPNU PCNU Kabupaten Cirebon dalam melakukan pembinaan kepada para petani.

 

"Saya takjub sekali melihat NU bisa mencetak petani-petani handal yang biasanya hanya mencetak Ustad. Saya berjanji akan fokus mengarahkan dan bersinergi  program dengan NU karena lebih nyata kiprahnya," jelas Aini.

 

Silaturahim dan panen tersebut dihadiri pihak Pesantren KHAS Kempek KH Ni'amilah Aqiel dan KH Muhammad Bin Ja'far serta keluarga; Konsultan Pertanian Bapak Saut dan Bapak Arif; Pembina LPPNU Akhmad Aflaha; Wakil Ketua PCNU H Asep Saefudin Jazuli; dan para petani Nahdliyin.

 

Kontributor: Ayub Alansori

Editor: Kendi Setiawan

BNI Mobile