Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kepada Wisudawan, Rektor IIQ Jakarta Menitipkan Nilai Al-Qur’an dan Akhlak Terpuji

Kepada Wisudawan, Rektor IIQ Jakarta Menitipkan Nilai Al-Qur’an dan Akhlak Terpuji
IIQ Jakarta terus berusaha untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, baik pada sisi akademik, maupun nonakademik pada usianya yang ke-43 ini. (Foto: IIQ Press)
IIQ Jakarta terus berusaha untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, baik pada sisi akademik, maupun nonakademik pada usianya yang ke-43 ini. (Foto: IIQ Press)

Jakarta, NU Online

Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta menggelar wisuda ke-21 secara daring. Dalam pidatonya, Rektor IIQ Jakarta Prof Dr Chuzaemah Tahido Yanggo berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Qur’an.


“Saya berpesan agar senantiasa menjaga akhlakul karimah dan menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Qur’an di manapun Anda berkiprah. Karena dengan hal tersebutlah kita akan sukses dan berjaya, sebaliknya dengan mengabaikan hal itu, niscaya kita akan gagal dalam perjuangan di masyarakat,” katanya pada Sabtu (12/9).


Karenanya, lanjutnya, menegakkan akhlak mulia menjadi tugas bersama, baik bagi yang berada di dalam kampus, maupun para alumni yang berkiprah di luar. Tidak hanya itu, tetapi juga menyebarkan risalah Islam rahmatan lil’alamin dan menjaga nama baik almamater IIQ.


Di samping itu, Guru Besar Ilmu Perbandingan Mazhab lulusan Al-Azhar itu juga menegaskan, IIQ Jakarta terus berusaha untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, baik pada sisi akademik, maupun nonakademik pada usianya yang ke-43 ini.


Kecepatan perkembangan dan perubahan zaman secara strategis, katanya, mengharuskan IIQ Jakarta untuk dapat merespons peluang dan mengantisipasi tantangan yang sangat dinamis demi kepentingan terwujudnya visi IIQ Jakarta “Menjadi pusat studi dan riset Al-Qur’an terbaik dan terdepan di dunia.”


Hal tersebut, lanjutnya, diharapkan agar ke depan IIQ dapat terus mememberikan kontribusi bagi umat, agama, dan negara.


“Dalam hal ini, alhamdulillah Yayasan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) selalu mendukung secara penuh dalam mewujudkan cita-cita mulia tersebut,” katanya di hadapan 228 mahasiswa dan mahasiswi yang diwisuda dari tiga fakultas dan program pascasarjana.


Prof Chuzaemah, salah seorang A’wan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), juga menyampaikan, animo masyarakat terhadap IIQ semakin tinggi setiap tahunnya. Tak kurang dari 750 pendaftar setiap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dalam tiga tahun terakhir. Pendaftar IIQ Jakarta tahun akademik 2020/2021 berjumlah 856 calon mahasiswi dan jumlah yang dinyatakan lulus adalah 613 orang. Sementara jumlah seluruh mahasiswa aktif IIQ Jakarta baik S1, S2, dan S3 saat ini adalah 2527 mahasiswa.


“Oleh karena itu, kami bangga dan bersyukur dengan naiknya minat tersebut karena IIQ semakin dipercaya oleh masyarakat untuk mendidik putri-putri mereka,” ujarnya.


Chuzaemah juga menyebutkan beragam prestasi yang diraih para mahasiswi IIQ Jakarta. Mereka tidak hanya berhasil di tingkat lokal dan nasional, tetapi juga di ranah internasional, baik dalam bidang tilawah, tahfiz, maupun tafsir berbahasa Inggris.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Alhafiz Kurniawan

BNI Mobile