Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pelajar NU Harus Kreatif Manfaatkan Medsos untuk Publikasikan Kegiatan

Pelajar NU Harus Kreatif Manfaatkan Medsos untuk Publikasikan Kegiatan
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Tegal, NU Online

Menghadapi era digital, pelajar Nahdlatul Ulama (NU), IPNU, dan IPPNU harus lebih kreatif dalam bermedia sosial (medsos) untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan organisasi tercinta. 

 

"Salah satunya yaitu Dakwah menggunakan media sosial (dakwah bil medsos). Di mana kita mensyiarkan kegiatan yang baik dan positif kepada masyarakat netizen," katanya.

 

Hal itu dikatakan Ketua Lembaga Media Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tegal Nurkhasan saat menjadi narasumber 'Workshop Kepenulisan Berita' yang digelar Departemen Jaringan Komunikasi dan Informasi (Jarkominfo) PC IPPNU Kabupaten Tegal Jawa Tengah melalui Aplikasi Google Meeting, Jumat (11/9) malam. 

 

Menurutnya, Generasi muda NU termasuk IPNU-IPPNU harus lebih mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman dan teknologi. Karena merekalah pengguna terbesar teknologi.

 

"Gus Mus adalah salah satu tokoh yang aktif memanfaatkan teknologi/medsos sebagai sarana berdakwah. Apa yang beliau lakukan bisa menjadi inspirasi kita sebagai kader muda NU yang lahir di era digital. Usia tidak menghalangi pemanfaatan dakwah melalui sarana media sosial,"paparnya.

 

Oleh karena itu lanjutnya, pelajar NU juga dituntut untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuannya di bidang pengelolaan media dan teknologi (IT).

 

"Ciptakan konten-konten kreatif dan positif bisa berupa teks, audio maupun video untuk mengisi mengisi Media sosial kita. Kita juga bisa sering melakukan live pengajian tokoh-tokoh NU," ujarnya. 

Kontribur NU Online itu juga menyampaikan tentang cara menulis berita yang baik sesuai dengan kaidah jurnalistik. "Jangan sungkan untuk terus berlatih menulis dan tingkatkan kemampuan literasi kita,"imbuhnya.

 

Ketua Pimpinan Cabang IPPNU Kabupaten Tegal Rina Sugiarti kepada NU Online, Ahad (13/9) berharap, workshop kepenulisan berita bisa menjadi media pembelajaran kader-kader Pelajar NU untuk mengembangkan kemampuan di bidang jurnalistik khususnya menulis berita. 

 

"Lewat workshop diharapkan kemampuan jurnalistik kader-kader IPPNU akan meningkat. Sebagai generasi muda kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Mari kita gunakan medsos dengan baik untuk syiar Islam ahlussunnah waljamaah An Nahdiyah," tandasnya.

 

Koordinator Jarkominfo PC IPPNU Kabupaten Tegal Elok Maulidah menuturkan, workshop kepenulisan berita mengusung tema 'Peran Generasi Muda NU di era Digital". 

 

Kegiatan diikuti 40 peserta dari perwakilan Pimpinan Anak Cabang, Komisariat dan Ranting IPPNU se Kabupaten Tegal. 

 

"Ada juga peserta dari IPNU dan sejumlah peserta dari luar Kabupaten Tegal seperti Batang, Boyolali dan lainnya. Usai kegiatan, peserta diberikan tugas membuat rilis kegiatan," terangnya. 

 

Kontributor: Sabit, Ilmi, Bela
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile