Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Covid-19, Gubernur Jateng Minta Remaja Masjid Buat Program Jogo Masjid

Cegah Covid-19, Gubernur Jateng Minta Remaja Masjid Buat Program Jogo Masjid
Gubernur Jateng, H Ganjar Pranowo (kiri) saat menerima audiensi Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) Jateng (Foto: Dok Humas Prov)
Gubernur Jateng, H Ganjar Pranowo (kiri) saat menerima audiensi Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) Jateng (Foto: Dok Humas Prov)

Semarang, NU Online

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo memberi masukan kepada para remaja masjid untuk lebih kreatif dalam program membantu pemerintah mengatasi Covid-19. 

 

“Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Tengah ini bisa membuat program 'Jogo Masjid'. Kegiatannya apa? Memastikan protokol kesehatan dijalankan, ngepel masjid minimal sehari dua kali," kata Ganjar saat menerima rombongan Prima DMI Jawa Tengah di ruang kerjanya, Senin (14/9).

 

Program jogo masjid sambungnya, bisa dipopulerkan melalui media sosial ala generasi milenial. "Jogo mesjid itu bisa sampean populerkan, programnya Prima DMI. Dibuat vlog, didokumentasikan, Prima DMI jadi menghidupkan itu,” ucapnya.

 

Usulan program yang lebih kreatif tersebut bukannya tanpa alasan. Melainkan setelah mendengar laporan kegiatan bagi-bagi masker yang dilakukan Prima DMI Jateng. “Menurut jenengan sekarang, masyarakat pada punya masker apa nggak?” tanya Ganjar kepada Ketua PW Prima DMI Jateng, Ahsan Fauzi.

 

Meski dirinya memberikan apresiasi aksi yang dilakukan para remaja masjid tersebut. Namun menurut Ganjar, bagi-bagi masker saja tidak cukup dan harus ditambah dengan edukasi.

 

“Membagi itu gampang, tapi pasti dipakai apa nggak? Biar kegiatannya nggak bagi-bagi tok, yang penting lebih kepada edukasi,” tutur Ganjar yang didengar rombongan Prima DMI sambil menganggukkan kepala tanda sependapat.

 

Selain Jogo Masjid, Gubernur dua periode itu juga menyampaikan beberapa usulan terkait dengan permasalahan yang disampaikan oleh Prima DMI yakni kurang perhatiannya kepala daerah pada masjid.

 

Dalam kesempatan itu, Ahsan memaparkan beberapa program kegiatan yang telah dilakukan untuk menghidupkan para aktivis masjid agar lebih peka terhadap dinamika masjid dewasa ini. Terkait program yang bersifat sosial, saat ini Prima DMI telah membentuk Barisan Prima yang bergerak di bidang sosial, dan kebencanaan.

 

Usai menerima arahan dari orang nomor satu di Jateng, aktivis muda Nahdlatul Ulama Jawa Tengah Ahsan Fauzi selaku Ketua Prima DMI Jateng yang memimpin rombongan berkemeja putih itu langsung memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuat vlog bersama dengan Ganjar. 

 

Dalam video, dirinya mengajak pada masyarakat untuk menggunakan masker, “Kami Prima DMI Jateng bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, mengajak masyarakat bantu cegah penyebaran Covid-19 dengan selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas,” ucap mantan Ketua Risma JT. 

 

Kepada NU Online, Rabu (16/9) Ahsan menjelaskan, apa yang telah disampaikan Gubernur Jateng akan segera ditindaklanjuti secepatnya. Pasalnya, persoalan pandemi Covid-19 harus mendapat dukungan dari semua kalangan, termasuk dari remaja masjid.

 

"Meski saya berharap, masjid bukan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, namun gagasan program 'Jogo Masjid' cukup baik untuk mencegah penyebaran pandemi Corona di tempat ibadah umat Islam," pungkasnya.

 

Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile