Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kehadiran IPNU-IPPNU di Kampus Bisa Menjadi Pemandu Mahasiswa Baru

Kehadiran IPNU-IPPNU di Kampus Bisa Menjadi Pemandu Mahasiswa Baru
Suasana pelantikan PKPT IPNU di Unusa Surabaya. (Foto: NU Online/Istimewa)
Suasana pelantikan PKPT IPNU di Unusa Surabaya. (Foto: NU Online/Istimewa)

Surabaya, NU Online

Sejumlah kampus telah mengawali perkuliahan secara dalam jaringan atau Daring. Sudah selayaknya kesempatan memasuki dunia kampus dimanfaatkan seoptimalkan mungkin, salah satunya dengan berpikiran cerdas.

 

Penegasan ini disampaikan Direktur Lembaga Komunikasi Perguruan Tinggi (LKPT) Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Moh Toufikur Rozikin. Dirinya mengajak mahasiswa baru untuk mengawali perkuliahan dengan cerdas, kritis dan proaktif.

 

“Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, sehingga perkuliahan ajaran baru 2020 masih dilakukan dengan daring,” katanya kepada media ini, Rabu (16/9).

 

Meskipun demikian, dalam pandangannya, mahasiswa baru harus tetap mendapatkan fasilitas pendidikan seutuhnya. Bahwa esensi dari proses perkuliahan ada pada mahasiswa, yakni seberapa maksimal mereka mampu memahami materi perkuliahan.

 

"Kami LKPT PP IPNU mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru di univertias pilihan dan yang terbaik,” katanya.  

 

Di luar itu, Moh Toufikur Rozikin mengajak kepada seluruh mahasiswa baru yang akan melaksanakan perkuliahan untuk menjadi cerdas, kritis dan proaktif, meskipun dengan kelas online karena Covid-19.

 

Selain aktif dalam perkuliahan, mahasiswa baru juga harus tetap aktif dalam organisasi mahasiswa seperti Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU maupun IPPNU, karena organisasi akan mempermudah dalam dalam proses mengenal iklim kampus.

 

“Organisasi juga bisa menjadi wadah sharing diskusi materi perkuliahan dan wawasan umum lainya, juga menjadikan mahasiswa menjadi kritis dalam perkembangan zaman,” jelasnya.

 

Tidak hanyak kepada mahasiswa baru, dirinya juga mengajak PKPT IPNU di kampus mana pun untuk aktif menjalankan organisasi baik daring maupun tatap muka, namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

“Kita sambut bersama-sama mahasiswa baru tahun akademik 2020, PKPT IPNU harus bisa menjadi wadah sharing dan belajar bagi mahasiswa baru,” ungkap Taufik.

 

Dirinya berharap PKPT IPNU dapat membantu mahasiswa baru dalam proses perkuliahan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pendampingan, agar mahasiswa baru terpandu.

 

"Ayo kita bersama membantu mahasiswa baru dalam perkuliahan dengan proaktif berkomunikasi dan mendampingi,” ajaknya. Demikian pula setiap PKPT IPNU-IPPNU memiliki pusat layanan untuk konsultasi mahasiswa baru tentang info kampus dan proses perkuliahan, lanjutnya.

 

Perkuliahan tahun ini memang berbeda dengan sebelumnya, namun harus tetap terlaksana dengan baik. Jangan sampai Covid-19 menjadi kendala dalam proses perkuliahan.

 

“Namun demikian, tetap mematuhi protokol kesehatan dan be smart with new normal,” pungkasnya.

 

Kontributor: Rof Maulana

Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile