Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pemkab Banyumas Apresiasi Pemuda NU Dirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Pemkab Banyumas Apresiasi Pemuda NU Dirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
Wakil Bupati Banyumas resmikan PKBM rintisan pemuda NU di Ajibarang (Foto: NU Online/Kifayatul Ahyar)
Wakil Bupati Banyumas resmikan PKBM rintisan pemuda NU di Ajibarang (Foto: NU Online/Kifayatul Ahyar)

Banyumas, NU Online

Wakil Bupati Banyumas, Jawa Tengah Sadewo Tri Lastiono mengaku salut atas usaha pemuda NU mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Ajibarang.

 

"Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih atas gagasan, ide dan realisasi mendirikan PKBM yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat," ujarnya.

 

Hal itu disampaikan di hadapan warga belajar dan tamu undangan yang hadir pada peresmian PKBM Ajibarang, Selasa, 8 September 2020. 

 

Dikatakan, selain lembaga pendidikan formal, kehadiran PKBM Ajibarang ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas warga di sekitar Ajibarang. "Saya menyambut baik, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

 

Penggagas berdirinya PKBM Ajibarang Slamet Ibnu Ansori menjelaskan, PKBM Ajibarang merupakan lembaga pendidikan baru berkantor di Jl Prajurit Simin RT 03 RW 02 Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

 

"Ini lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang pendidikan kesetaraan kejar paket B dan paket C. 

 

PKBM Ajibarang secara kultural lahir dari pergolakan pemikiran, gagasan, ide dari anak-anak muda NU Ajibarang yang memandang perlu adanya lembaga pendidikan yang mampu menjangkau semua lapisan masyarakat, tak mengenal uisa, gender, dan strata ekonomi," tuturnya.

 

Slamet bercerita, saat ini masih ada ketidakseimbangan antara jumlah lembaga pendidikan dan jumlah tingkat pendidikan masyarakat. Itu dibuktikan dengan masih banyaknya masyarakat yang belum menyelesaikan program pemerintah wajib belajar sembilan dan dua belas tahun. 

 

"Padahal jumlah sekolah baru setiap tahunnya terus bertambah. PKBM Ajibarang menjadi wadah atau sarana untuk memenuhi kebutuhan pendidikan itu," tegasnya. 

 

Ketua PKBM Ajibarang Tarno mengatakan, secara struktural, PKBM Ajibarang berdiri di bawah naungan Yayasan Garis Bawah (YGB) Ajibarang. Sebuah yayasan sosial kemasyarakatan yang diinisiasi oleh mantan wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyumas, Slamet Ibnu Ansori. 

 

Tarno menjelaskan, saat ini PKBM telah menyelenggarakan  Kejar Paket B dan Paket C. Adapun jumlah warga belajar Kejar Paket B sebanyak 12 orang dan Paket C sebanyak 21 orang. 

 

"PKBM yang berada di wilayah Banyumas bagian barat ini juga memiliki 26 Kelomok Belajar Usaha (KBU) penetasan telur bebek. Serta memiliki Taman Baca Masyarakat (TBM) dengan jumlah 300 buku bacaan untuk menjunjung proses pembelajaran," ungkapnya. 

 

Saat ini lanjutnya, secara administrasi kependidikan atau dapodik masih menginduk ke SKB Ajibarang. Pihaknya juga membuka program kursus komputer yang terbagi dalam tiga kelas. Kelas dewasa, pelajar, dan anak-anak.

 

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati Banyumas bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Hadir pula saat itu Camat Ajibarang, Forum Pimpinan Kecamatan, warga belajar, tokoh masyarakat agama, dan pejabat desa setempat.

 

Kontributor: Kifayatul Ahyar
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile