Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sowan Kiai Najib Krapyak, Ustadz Yusuf Mansur Setor Baca Al-Qur’an

Sowan Kiai Najib Krapyak, Ustadz Yusuf Mansur Setor Baca Al-Qur’an
Ustadz Yusuf Mansur saat sowan kepada KH Najib Abdul Qodir Krapyak. (Foto: Instagram/Yusuf Mansur)
Ustadz Yusuf Mansur saat sowan kepada KH Najib Abdul Qodir Krapyak. (Foto: Instagram/Yusuf Mansur)

Jakarta, NU Online

Ustadz Yusuf Mansur sowan kepada Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Najib Abdul Qodir di kediamannya di Krapyak, Yogyakarta pada Rabu (16/9). Hal tersebut disiarkan langsung melalui akun instagramnya, @yusufmansurnew.


Saat ia dan kedua putranya tiba bersama seorang pendamping, Kiai Najib berada di balik tirai sedang menerima setoran hafalan Al-Qur’an santri putrinya yang berada di ruang tamu.


Selesai menerima setoran hafalan santri tersebut, Kiai Najib keluar dari balik tirai dan langsung menerima cium tangan Ustadz Yusuf Mansur bolak-balik, dari punggung tangan, telapaknya, dan kembali mencium punggung tangan lagi.


Dua putranya itu juga dikenalkan dan langsung turut mencium tangannya juga. Dai asli Betawi itu langsung meminta mereka untuk turun dari kursi dan duduk lesehan di bawah sebagai bentuk takzim.


“Sini dekat Mbah Yai. Tabarrukan,” kata Ustadz Yusuf Mansur kepada dua putranya. Mereka langsung mendekat di samping kanan Kiai Najib.


Ia juga menceritakan kepada putranya, bahwa ia sempat merasakan tinggal di Pondok Pesantren Krapyak. “Bang, Bapak pernah di sini. Dicelup kayak teh,” katanya menunjukkan durasi tinggalnya yang tak lama.


Tak menyia-nyiakan pertemuan tersebut, Ustadz Yusuf Mansur meminta izin kepada cucu Kiai Munawwir tersebut untuk membaca Al-Qur’an di hadapannya sebagai bentuk ngalap berkah. 


“Kiai, izin saya mau baca Qur’an depan Kiai,” katanya yang langsung disambut Kiai Najib mengiyakannya.


Ayah dari Wirda Mansur itu langsung menggeser meja di hadapannya dan turun dari kursi duduk bersila menghadap Kiai Najib. Melihat hal tersebut, dengan ketawaduannya, Kiai Najib yang mengasuh Komplek Madrasah Huffadh Putri itu hendak turut bersila di bawah.


Namun, Ustadz Yusuf Mansur lebih cepat mencegahnya. Kedua tangannya langsung menahan dua lutut Kiai Najib yang hendak bangkit dari kursinya.


Pada kesempatan itu, ia membaca Al-Qur’an Surat Al-Fath dari awal hingga akhir. Setelah selesai, ia kembali mencium tangan Kiai Najib sebagaimana saat pertama kali sua di kediamannya tadi.


Kemudian, Kiai Najib mempersilakan tamunya tersebut untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Ustadz Yusuf Mansur dan dua putranya, serta satu pendampingnya pun dijamu makan. “Silakan. Silakan. Seadanya,” ujar Kiai Najib.


Selepas dari Krapyak, Ustadz Yusuf Mansur langsung bertolak mengikuti pengajian Habib Novel Alaydrus di Solo, Jawa Tengah.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad

 

BNI Mobile