Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

KPM Masa Pandemik, Mahasiswa Unsiq Wonosobo Pilih Buat Desain Web untuk MI

KPM Masa Pandemik, Mahasiswa Unsiq Wonosobo Pilih Buat Desain Web untuk MI
Peluncuran website MI Manggisan Mojotengah karya mahasiswa Unsiq Wonosobo (Foto: Dokumentasi)
Peluncuran website MI Manggisan Mojotengah karya mahasiswa Unsiq Wonosobo (Foto: Dokumentasi)

Wonosobo, NU Online
Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Sains Al-Qur'an (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo memanfaatkan waktunya di masa pandemi Covid-19 dengan membuat E-Learning dan Website.

 

Sebagai tempat uji coba atas kreasi mahasiswa yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma'arif Manggisan, Desa Mudal, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.

 

Dosen Pembimbing KPM Tematik 2020 Kelompok 13 Muhammad Ali Mustofa Kamal, mengatakan, pembuatan E-Learning dan Website tersebut merupakan bentuk kepedulian dari Unsiq yang juga merupakan Lembaga Perguruan Tinggi NU (LPTNU) terhadap proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa di tengah masa pandemik.

 

"Pembuatan media E-Learning dan website sebagai salah satu solusi mahasiswa KPM yang tidak bisa banyak beraktivitas di luar. Selain itu, media ini juga sangat dibutuhkan untuk media komunikasi dan informasi," jelasnya.

 

Dikatakan, meski belum sempurna, paling tidak media karya mahasiswa KPM bisa dimanfaatkan oleh para guru dengan vitur-vitur yang bisa menunjang kegiatan sekolah maupun belajar mengajar.

 

"Meski web ini bukan karya mahasiswa berbasis teknologi informasi, setidaknya masih bisa dikembangkan sesuai keebutuhan sekolah," ungkapnya.

 

Disampaikan, kegiatan KPM dengan prinsip Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani akan mendorong para mahasiswa lebih dapat mengenal karakter masyarakat.

 

"Mereka harus menyatu di lingkungan masyarakat, pesantren, dan sekolah. Salah satu bentuk kontribusinya ialah pembuatan media belajar," ungkapnya.

 

Kepala MI Ma'arif Manggisan Nurul Hawa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk mahasiswa Unsiq dalam program pembuatan website. Menurutnya, pembuatan website tersebut begitu urgent dalam dunia pendidikan.

 

"Selain untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa, juga sebagai salah satu sarana agar bisa melakukan presentasi atau memberikan informasi visi dan misi khususnya bagi lembaga MI Ma'arif Manggisan serta menjadikan MI M'arif Manggisan lebih maju, berkembang, bermartabat," ucapnya.

 

Peluncuran website dihadiri Lembaga Penelitian, Penerbitan, Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unsiq Wonosobo, Ketua LP Ma'arif NU Wonosobo KH Abdul Majid, dan seluruh guru MI Ma'arif Manggisan. 

 

Kontributor: Sholeh Nahru
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile