Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HARI SANTRI 2020

NU Pringsewu Mulai Gelar Kompetisi Online Hari Santri 2020 Tingkat Nasional

NU Pringsewu Mulai Gelar Kompetisi Online Hari Santri 2020 Tingkat Nasional
Baliho pengumuman Kompetisi Online NU Pringsewu, Lampung dalam rangka menyongsong Hari Santri 2020. (Foto: NU Online/Faizin)
Baliho pengumuman Kompetisi Online NU Pringsewu, Lampung dalam rangka menyongsong Hari Santri 2020. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online
Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum mereda tidak menyurutkan NU Pringsewu, Lampung untuk menyongsong dan merayakan Hari Santri 2020. Menyongsong puncak kegiatan yang jatuh pada 22 Oktober 2020, panitia pelaksana mulai menggelar berbagai kompetisi khas hari santri.


Jika biasanya kompetisi Hari Santri dilakukan secara langsung dengan mengumpulkan banyak massa, pada masa pandemi ini, NU Pringsewu menggelarnya secara online mulai 20 September 2020. Tidak hanya dilakukan untuk level lokal, kompetisi kali ini diperuntukkan untuk level nasional.


“Selama masih berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, peserta diperbolehkan mengikuti kompetisi ini,” kata Ketua Panitia Hari Santri 2020 Kabupaten Pringsewu, H Munawir kepada NU Online, Ahad (20/9).


Munawir menjelaskan ada delapan cabang kompetisi yang diperlombakan secara online dengan hadiah jutaan rupiah yang sudah disiapkan panitia. Kompetisi tersebut meliputi: Hadrah, Murattal Al-Qur’an, Tahlil, Kreasi Lalaran Nadham, Meme HSN, Film Pendek, Menghafal Biografi KH Hasyim Asy’ari, dan Gebyar Pesantren.


“Peserta yang akan ikut nantinya berkreasi sendiri di tempatnya masing-masing dan mengirimkan video hasil kreasinya kepada panitia mulai tanggal 20 September 2020,” jelas Munawir.


Video-video yang sudah terkirim nantinya akan ditayangkan di Studio LTNNU Pringsewu mulai 10 Oktober 2020 sampai dengan puncak Hari Santri pada 22 Oktober 2020. Dengan langkah ini, diharapkan hari santri akan tetap meriah khususnya di dunia maya.


Panitia sudah menerbitkan juknis tata cara dan persyaratan lomba yang bisa dilihat di laman resmi PCNU Pringsewu (www.nupringsewu.or.id).


“Di situ juga sudah tertera contact person yang bisa dihubungi jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan peserta,” tambah Munawir.


Selain delapan kompetisi tersebut, NU Pringsewu juga akan menggelar berbagai kegiatan edukasi seperti seminar dan kajian online. Hal ini ditujukan untuk lebih meningkatkan wawasan tentang ilmu keagamaan sekaligus memperkuat paham Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) bagi seluruh warga NU di Kabupaten Pringsewu.


“Puncaknya nanti kami akan menggelar Upacara Hari Santri 2020 dengan menyesuaikan kondisi di tengah pandemi. Masih kita rancang upacara yang tidak melibatkan banyak massa namun khidmah dalam pelaksanaannya,” pungkasnya.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aryudi AR

BNI Mobile