Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Konbes NU 2020 Digelar Atas Permintaan Seluruh Pengurus PWNU

Konbes NU 2020 Digelar Atas Permintaan Seluruh Pengurus PWNU
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Jakarta, NU Online

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Konferensi Besar (Konbes) secara virtual pada Rabu (23/9) besok. Kegiatan Konbes NU dilaksanakan atas permintaan seluruh pengurus NU di tingkat wilayah (provinsi) atau PWNU di Indonesia. 


Sekretaris Panitia Konbes NU 2020, H Imdadun Rahmat mengatakan, agenda Konbes NU terbatas pada soal keberlanjutan organisasi di tengah masa pandemi Covid-19.


Di sisi lain, Konbes NU digelar sebagai respons kepada pengurus NU wilayah yang meminta untuk diadakan Konbes NU sebelum dilakukan Munas Alim Ulama dan Muktamar NU ke-34. 


“Selain itu 100 persen pengurus NU wilayah meminta agar Muktamar ditunda tahun depan karena tidak mungkin melaksanakan Muktamar sesuai jadwal yaitu akhir tahun 2020 ini karena situasi Covid yang belum tertanggulangi,” kata Imdad saata dikonfirmasi NU Online, Selasa (22/9). 


Ia menambahkan, penundaan kegiatan Muktamar NU didasarkan pada upaya penyelamatan jiwa masyarakat serta untuk melandaikan penyebaran Covid-19. Kata dia, menghindari bahaya atau kerusakan lebih diutamakan dari pada mengejar kemaslahatan.


“Memang Muktamar maslahat tetapi menghindari mafsadah itulah yang harus didahulukan. Maka para ulama, para kiai termasuk PWNU se-Indonesia, demikian juga PCNU-PCNU sepakat menunda Muktamar ke-34 NU,” ujarnya menegaskan. 


Sebagai organisasi yang memiliki aturan hukum, permintaan ini harus ditempuh secara prosedur organisasi, tidak bisa diputuskan secara sepihak.


Karena itu, panitia Konbes dan Munas NU merasa penting dilakukan Konbes terlebih dahulu untuk membahas mengenai penundaan kegiatan Muktamar NU tersebut. 


Sebelumnya, Ketua Panitia Konbes 2020 H Juri Ardiantoro juga telah menegaskan bahwa agenda utama dari kegiatan ini yakni penundaan Muktamar NU ke-34 yang seyogianya dilakukan Oktober tahun ini. 


“Hanya penundaan Muktamar dan perpanjangan kepengurusan dengan menyesuaikan waktu Muktamar,” kata Juri Ardiantoro.


Panitia memastikan semua persiapan telah matang dilakukan termasuk para pengurus NU yang akan menjadi peserta penuh. Dalam kegiatan ini, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dijadwalkan hadir dan membuka secara resmi. 


Juri menambahkan, kegiatan kali ini hanya Konferensi Besar; tidak dilaksanakan berbarengan dengan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama.


Meski begitu, Konbes dan Munas tetap akan digelar seperti biasanya yakni sebelum penyelenggaraan Muktamar NU ke-34 dilaksanakan. Selanjutnya, hal yang juga berbeda dari penyelenggaraan Konbes tahun ini adalah kegiatan digelar secara virtual melalui meeting zoom.


Pewarta: Abdul Rahaman Ahdori

Editor: Fathoni Ahmad

BNI Mobile