Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Jelang HUT Ke-75 TNI, Pangarmada II Ziarah Makam Gus Dur

Jelang HUT Ke-75 TNI, Pangarmada II Ziarah Makam Gus Dur
Foto bersama Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dengan Pengasuh Pesantren Tebuireng Gus Kikin dan aparatur pemerintah daerah di halaman pesantren setempat. (Foto: Istimewa)
Foto bersama Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dengan Pengasuh Pesantren Tebuireng Gus Kikin dan aparatur pemerintah daerah di halaman pesantren setempat. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Panglima Komando Armada (Pangarmada) II Laksda TNI Heru Kusmanto pimpin rombongan TNI ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (23/9). 
 
Ziarah makam Gus Dur adalah salah satu rangkaian acara HUT TNI yang akan dilaksakan pada 5 Oktober 2020 nanti.
 
Selain berziarah ke makam Gus Dur, Heru juga menabur bunga ke makam Pahlawan Nasional dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH M Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim serta makam keluarga besar Pesantren Tebuireng lainnya.
 
Heru mengapresiasi sambutan yang dilakukan Pesantren Tebuireng dalam menyukseskan acara ziarah makam tokoh bangsa ini. Baginya, Pesantren Tebuireng banyak membantu kinerja program TNI.
 
"Pondok Pesatren Tebuireng sangat mendukung acara ini. Kami ucapkan terima kasih sehingga ziarah ini terlaksana baik, khidmat dan lancar,” katanya.
 
Rombongan TNI ini disambut dengan kesenian khas pesantren yaitu tabuhan rebana dan irama shalawat sejak memasuki pesantren. Kemudian prosesi mengalungkan sorban ke Pangkoarmada II oleh Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH A Hakim Mahfudz.
 
Heru datang beserta anggotanya dengan bermasker lengkap. Turut hadir dalam rombongan, Danpus Penerbal Laksda TNI Edwin, Danlanud Muljono/Surabaya Kolonel Pnb M Somin, Kasdiv 2 Kostrad Brigjen TNI Tjaturputra Gunadi, dan Kasgartap III/Surabaya Brigadir Jenderal TNI (Mar) Purwadi.
 
Dalam kunjungannya itu, Pangarmada bersama rombongan disambut Pengasuh Pesantren Tebuireng. Hadir pula Bupati Jombang, Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah.
 
“Untuk di Jombang ini kami didukung semua pihak. Bupati, Wakil Bupati, Kapolres Jombang juga hadir," imbuhnya.
 
Heru Kusmanto menjelaskan, ziarah itu untuk memperingati jasa Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid dan keluarga besar Tebuireng yang tak kecil untuk Indonesia.
 
Dengan ziarah tersebut, Pangarmada Heru berharap prajurit-prajurit TNI yang sekarang ini mengabdi bisa mengenang jasa-jasa para mantan presiden. Juga bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan almarhum.
 
Seusai berziarah, Heru Kusmantoro beserta rombongan berdiskusi bersama KH Abdul Hakim Mahfudz di ndalem kasepuhan tentang kondisi Pesantren Tebuireng saat ini.
 
Selesai dari Tebuireng, Heru beserta rombongan bertolak langsung ke Surabaya. Diketahui pelaksanaan upacara ziarah ini juga digelar bersamaan secara serentak dalam rangka HUT ke-75 TNI. Adapun Titik yang dituju, di samping Kabupaten Jombang, juga Blitar, Solo, hingga Yogyakarta.
 
“Sehingga kami dari prajurit TNI yang akan memperingati HUT ke-75 bisa mengabdikan diri lebih baik, lebih optimal demi bangsa dan negara yang kita cintai,” ujarnya.
 
Sementara itu Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Dariyanto mengatakan, kegiatan ziarah ke makam mantan Presiden dan pahlawan nasional rutin dilaksanakan setiap menjelang HUT TNI.
 
"Sudah menjadi tradisi di lingkungan TNI, tahun ini karena situasi pandemi Covid-19 acara ziarah ke makam Gus Dur ditunjuk Pangkoarmada II sebagai Irup," tandasnya.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Syamsul Arifin 
BNI Mobile