Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

'Konco Sinau' Pelajar NU Jateng Bantu Pembelajaran di Daerah Terpencil

'Konco Sinau' Pelajar NU Jateng Bantu Pembelajaran di Daerah Terpencil
Program 'Konco Sinau' merupakan upaya konkret  untuk mengatasi persoalan yang dialami pelajar di berbagai daerah, khususnya, di daerah terpencil. (Foto: Istimewa)
Program 'Konco Sinau' merupakan upaya konkret  untuk mengatasi persoalan yang dialami pelajar di berbagai daerah, khususnya, di daerah terpencil. (Foto: Istimewa)

Semarang, NU Online

Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Perempuan Nahdlatul Ulama (PW IPNU-PW IPPNU) Jawa Tengah meluncurkan program 'Konco Sinau'. Peluncuran ini bersamaan dengan pelantikan dan Rakerwil PW IPNU dan PW IPPNU masa khidmat 2019-2022 di hotel Pandanaran, Semarang, Sabtu (26/9).

 

Syaeful Kamaluddin, Ketua terpilih PW IPNU masa khidmat 2019-2022 menuturkan bahwa pimpinan PW IPNU Jawa Tengah satu peride ke depan adalah optimalisasi SDM kader di berbagai bidang. 


"Insyaallah kita ke depan selain fokus di penataan internal baik di pendidikan maupun pengkaderan, kita juga ingin fokus melakukan pendampingan-pendampingan baik pelajar di tingkat dasar, SLTP, sampai tingkat SLTA. Karena fokus pimpinan PW IPNU periode ini adalah peningkatan di bidang SDM kader pada berbagai bidang, baik itu yang ada di bidang digital, intelektualitas, atau enterpreneur," tuturnya.

 

Untuk itu, PW IPNU dan PW IPPNU Jawa Tengah yang dipelopori oleh TIM Bidang Jaringan Sekolah dan Pesantren, membentuk program 'Konco Sinau' sebagai respons Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi ini. 

 

Program 'Konco Sinau' merupakan upaya konkret  untuk mengatasi persoalan yang dialami pelajar di berbagai daerah, khususnya, di daerah terpencil. Mulai persoalan jaringan internet yang terkendala, kebingungan guru, orang tua yang mengeluh karena harus membagi waktunya bekerja dengan mendampingi anaknya belajar dan lain-lain.

 

"Metode yang diterapkan di dalam program 'Konco Sinau' sendiri yaitu melakukan pendampingan bagi siswa khususnya di tingkat dasar. Sebab, mereka masih melewati masa tumbuh kembang," katanya.

 

Pola pembelajaran jarak jauh bagi siswa pendidikan dasar di masa pandemi ini menimbulkan dampak yang begitu signifikan. Sehingga, kehadiran program 'Konco Sinau' diharapkan menjadi jembatan antara guru, siswa, dan orang tua untuk mengatasi problematika dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal itu dilakukan juga melalui kerja sama dengan stakeholder baik pemerintah maupun organisasi masyarakat lainnya.

 

Kontributor: Ahmad Naufa KF
Editor: Kendi Setiawan

 

 

BNI Mobile