Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Semaan Al-Qur'an Warnai Peluncuran Kegiatan Hari Santri di Pringsewu

Semaan Al-Qur'an Warnai Peluncuran Kegiatan Hari Santri di Pringsewu
Peluncuran rangkaian kegiatan Hari Santri di Kabupaten Pringsewu, Lampung. (Foto: NU Online/Faizin)
Peluncuran rangkaian kegiatan Hari Santri di Kabupaten Pringsewu, Lampung. (Foto: NU Online/Faizin)
Pringsewu, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung resmi meluncurkan rangkaian kegiatan Hari Santri 2020. Kegiatan yang diwarnai dengan semaan Al-Qur'an bil Ghaib ini dilaksanakan di aula Gedung NU Kabupaten Pringsewu, Ahad (27/9).
 
Ketua Panitia Hari Santri H Munawir menjelaskan bahwa kegiatan launching tersebut menandai secara resmi digelarnya rangkaian kegiatan yang terdiri dari kegiatan kompetisi dan edukasi.
 
"Sebenarnya kegiatan sudah mulai dilaksanakan mulai 20 September 2020, khususnya kegiatan kompetisi online tingkat nasional. Namun seremonial resminya dilaksanakan hari ini," kata Munawir pada saat acara tersebut.
 
Munawir menjelaskan bahwa ada delapan kompetisi nasional yang dilakukan yakni Lomba Hadrah, Lalaran, Tahlil, Film, Meme, Gebyar Pesantren, Murattal, dan Hafalan Biografi KH Hasyim Asy'ari.
 
"Kegiatan online menjadi solusi dalam menyemarakkan Hari Santri di tengah pandemi," jelasnya.
 
Sementara Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H Taufik Qurrohim mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang menerapkan pola aktivitas new normal tidak boleh mengurangi semangat warga NU untuk berkhidmah. NU menurutnya menjadi organisasi yang sangat terdampak dari protokol kesehatan.
 
"NU ini identik dengan budaya komunal, kumpul-kumpul. Physical distancing (jaga jarak) menjadikan banyak kegiatan jamaah NU untuk sementara terhenti. Namun dunia maya bisa menjadi solusi," katanya saat memberi sambutan pada peluncuran tersebut.
 
Sekecil apapun tegasnya, warga NU harus terus berbuat dan memberi manfaat bagi umat dalam kondisi apapun. Budaya berjamaah dan khidmah-khidmah lainnya harus terus senantiasa dijaga sebagai ciri khas NU.
 
Penyerahan bantuan alat untuk Ambulans LAZISNU Pringsewu
 
 
Wujud khidmah warga dan pengurus NU di berbagai bidang harus terus diperkuat. Jika ini dilakukan secara istiqamah maka kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi pada kiprah pengurus NU.
 
Misalnya kiprah pengurus Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu di bidang kesehatan yang terus memberikan manfaat dan dirasakan oleh umat. Ini pun menjadikan berbagai elemen masyarakat akan menyalurkan ZIS-nya melalui LAZISNU Pringsewu.
 
Seperti pada kesempatan tersebut diserahkan bantuan dari Komunitas Kijang Indonesia Lampung yang memberikan bantuan peralatan bagi ambulans milik LAZISNU. Bantuan tersebut berupa lampu rotator, tabung oksigen, dan beberapa alat lainnya.
 
Bantuan tersebut diserahkan perwakilan Komunitas Kijang kepada Manajer Eksekutif LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto. 
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 
BNI Mobile