Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rumah Dhuafa Rampung Direhab,  LAZISNU di Sumenep Serahkan Kunci

Rumah Dhuafa Rampung Direhab,  LAZISNU di Sumenep Serahkan Kunci
Penyerahan kunci secara simbolis diberikan kepada warga yang direhab LAZISNU di Sumenep. (Foto: NU Online/Firdausi)
Penyerahan kunci secara simbolis diberikan kepada warga yang direhab LAZISNU di Sumenep. (Foto: NU Online/Firdausi)

Sumenep, NU Online

Beberapa waktu berselang telah dilakukan pembongkaran dan proses penyelesaian rehab rumah Sahawi di Dusun Ketapang, Desa Jaddung, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Jawa Timur.

 

Dan puncaknya, kunci rumah yang telah layak dihuni secara simbolis diberikan pengurus NU-Care Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadakah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang (MWCNU) Pragaan. Proses dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak, Sabtu (26/9).

 

Ustadz Abd Hadi yang menghadiri acara tersebut mengutarakan bahwa rehab dan bedah rumah dluafa salah satu kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar.

 

Ketua Pengurus Cabang (PC) NU-Care LAZISNU Sumenep tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini wajib dijadikan contoh bagi seluruh MWCNU di kawasan setempat.

 

"Sore ini kami diberi nikmat untuk menyaksikan bersama serah terima kunci dengan penuh keharuan. Karena Bapak Sahawi yang sudah sepuh tinggal bersama janda tua dan yatim," katanya.

 

Selanjutnya, dirinya mendukung seluruh kegiatan LAZISNU Pragaan yang telah diamanatkan pada ajang Konferensi sebelumnya. Salah satunya adalah melakukan rehab terhadap rumah tidak layak.

 

Kiai Muhris Baharun menjelaskan bahwa proses rehab dimulai 9 Agustus dan selesai 22 September 2020. Total biaya yang dibutuhkan Rp31.590.000,-. Sedangkan sisa saldonya Rp1.382.500,-

 

Ketua NU-Care LAZISNU MWCNU Pragaan menegaskan bahwa program unggulan ini akan dilakukan secara berkesinambungan. Berikutnya melakukan bedah rumah milik Maswa di Dusun Rembang, Desa Pragaan Daya.

 

“Bahkan saat ini kami sudah mendatangkan sebagian bahan material bangunan ke halaman rumahnya," kata dia.

 

Pada saat yang sama, Ustadz Afif menegaskan bahwa BMT NU Pragaan berkomitmen untuk mendampingi seluruh kegiatan LAZISNU yang bersifat ijtimaiyah.

 

"Selain memberikan bantuan materi, kami juga menginstruksikan kepada seluruh karyawan untuk menyisakan gajinya demi terealisasinya rehab dan bedah rumah dhuafa," ungkap Kepala BMT NU Pragaan tersebut.

 

Wajah gembira Bapak Sahawi terpancar karena tempat tinggal yang diimpikan menjadi kenyataan. Semua dapat terwujud atas bantuan LAZISNU Pragaan.

 

"Terima kasih NU, semoga amal para donatur dicatat oleh Allah SWT sebagai bekal di akhirat dan mendapat barakah muassis NU," doanya.

 

Penyerahan kunci secara simbolis diberikan Ustadz Jamaluddin selaku pengurus BMT NU Pragaan dan disaksikan keluarga Sahawi, serta LAZISNU Sumenep.

 

Kontributor: Firdausi

Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile