Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Puting Beliung Rusak Rumah dan Madrasah di Konawe, LAZISNU Kirim Bantuan

Puting Beliung Rusak Rumah dan Madrasah di Konawe, LAZISNU Kirim Bantuan
Penyaluran bantuan warga NU melalui NU Care-LAZISNU Konawe untuk warga terdampak angin puting beliugn. (Foto: LAZISNU Konawe)
Penyaluran bantuan warga NU melalui NU Care-LAZISNU Konawe untuk warga terdampak angin puting beliugn. (Foto: LAZISNU Konawe)

Konawe, NU Online

Angin puting beliung menerjang dua kecamatan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (24/9) lalu. Akibat musibah ini, 25 unit rumah warga dan bangunan madrasah di Kecamatan Pondidaha dan Amonggedo rusak parah. Bahkan beberapa bangunan itu rata dengan tanah. 

 

Merespons persitiwa yang terjadi pukul 14.00 WITA tersebut, NU Care-LAZISNU Kabupaten Konawe menerjunkan relawan untuk ikut serta memperbaiki  setiap bangungan yang rusak. Tak hanya itu, LAZISNU memberikan bantuan berupa uang tunai dan sembako kepada masing-masing kepala rumah tangga. Bantuan itu diberikan untuk membantu membangun kembali rumah warga yang rusak parah.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Konawe, Muhammad Agus mengatakan angin puting beliung yang diperkirakan memiliki kecepatan 65 km per jam itu membuat warga mengungsi dan membutuhkan uluran tangan. Karena itu, NU Care-LAZISNU langsung melakukan penggalangan dana untuk menghimpun donasi pembiayaan pembangunan rumah warga terdampak puting beliung dari seluruh pihak.

 

"Kita juga bantu sedikit biaya perbaikan rumah dan memberikan sembako untuk para korban. Uang per kepala keluarga bervariasi tergantung kerusakan dan kebutuhan dasar seperti makanan dan selimut," kata Agus, Ahad (27/9).

 

Keterlibatan NU Care-LAZISNU Konawe untuk membantu membangun kembali hunian masyarakat tersebut dilakukan secara bertahap. Pada Sabtu (28/9) kemarin, satu madrasah dan 8 rumah yang terdiri dari 11 keluarga 36 jiwa yang diberikan bantuan. Rumah yang menurutnya paling parah ada di Desa Puumbinisi. Rumah yang rata dengan tanah tersebut diketahui milik Sarlan (47 tahun). 

 

"Dia dan kelima anggota keluarganya kebetulan berada di tempat, beruntung saat kejadian ia dan keluarganya cepat sigap keluar rumah sehingga tidak ada korban saat kejadian," kata Agus menceritakan keadaan warga. 

 

NU Care-LAZISNU Konawe, ucap Agus, akan terus memberikan bantuan sampai korban puting beliung tersebut benar-benar pulih kembali. Pihaknya tidak saja menerima donasi uang tetapi segala macam keperluan warga. 

 

"Kami juga mengunjungi  tujuh rumah di Desa Lalodangge Kecamatan Pondidaha untuk menyalurkan bantuan kepada korban angin puting beliung. Lalu, melihat langsung kondisi Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Amonggedo Kecamatan Amonggedo. Ada Dua ruangan kelas yaitu kelas 3 dan 4 yang atap sengnya berterbangan," ucapnya. 

 

Agus menuturkan, jika ada dermawan yang ingin menyumbangkan bantuannya bisa langsung menghubungi pihak LAZISNU Konawe atau mengirimkan uang bantuannya ke rekening Bank Muamalat: 8250013000 An. Lazisnu Konawe. Bisa juga datang ke Posko NU Peduli yang telah dibuka di Jl Sayonggila Desa Lalodangge Kecamatan Pondidaha.

 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawan

BNI Mobile