Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Pamotan Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

LAZISNU Pamotan Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan
Bantuann air bersih LAZISNU Pamotan diserbu warga. (Foto: NU Online/Ronji)
Bantuann air bersih LAZISNU Pamotan diserbu warga. (Foto: NU Online/Ronji)

Rembang, NU Online
Kekeringan yang melanda beberapa daerah di Kabupaten Rembang berdampak pada kurangnya ketersediaan air bagi warga. Beberapa desa sangat terdampak dengan adanya musibah kekeringan ini di antaranya Desa Ketangi, Sendangagung, Segoromulyo, Mlawat, Kepohagung, Mlagen, Megal, dan Gambiran.


Untuk memenuhi kebutuhan air dalam kondisi kemarau seperti sekarang ini, penduduk setempat harus rela bergantian dan menunggu berjam-jam untuk mengambil air di sumur-sumur yang masih ada sumber mata airnya dengan cara menimba.


"Untuk wilayah Kecamatan Pamotan yang paling terdampak kekeringan ada di Desa Ketangi dan Sendangagung. Untuk itu, sebanyak apapun air yang akan diberikan pasti diterima warga setempat," kata Sekretaris Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Pamotan Labib Humam, Ahad (27/9).


Menyikapi kondisi ini, LAZISNU dan Badan Otonom NU Kecamatan Pamotan segera bergerak memberikan suplai air bersih kepada warga terdampak. Selama dua hari mulai Sabtu-Ahad (26-27/9) sebanyak 36 tangki air bersih sudah disalurkan ke warga untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, minum, bersuci, dan kebutuhan lainnya.


Untuk pendistribusian air bersih ini, sebelumnya tim lapangan sudah melakukan pemetaan ke desa-desa yang terdampak kekeringan dengan melakukan Turba. Selanjutnya, dari tim lapangan langsung melakukan aksi ke lokasi-lokasi yang sudah dipetakan tersebut.


"Sahabat-sahabat Banser melakukan pemetaan yang membutuhkan dan juga MWCNU melakukan Turba ke desa-desa. Untuk itu, jika ada desa yang membutuhkan air bersih bisa menghubungi kami," jelasnya di sela-sela menyalurkan air bersih di Desa Ketangi.


Labib menjelaskan, dana yang digunakan dalam penyaluran air bersih ini bersumber dari koin NU. Selain itu, LAZISNU Pamotan juga menerima secara terbuka donatur lain untuk bekerjasama dalam pengumpulan dana bantuan. Ia berharap dengan bantuan air bersih ini, daerah yang mengalami kekeringan dan sulit air sudah tidak lagi terdampak.


"Donatur dan toko yang ikut andil akan kami berikan penghargaan dan ucapan terimakasih sekaligus kita branding seperti dengan keterangan telah ikut berpartisipasi dalam pembagian air bersih," jelasnya.


Selama ini, LAZISNU Pamotan terus memberikan berbagai macam bantuan bagi masyarakat dengan berbagai macam program. Sebelumnya LAZISNU Kecamatan Pamotan juga memberikan sumbangan kepada warga Pamotan yang terkena musibah kebakaran rumah.


"Kita ada program 'beberkah' seperti santunan yatim piatu, sumbangan air bersih dan kegiatan sosial lainnya. Semoga setiap tahun bisa membantu jika ada desa yang kekeringan dan kegiatan-kegiatan bakti sosial lain," harapnya.


Kontributor: Mochamad Ronji
Editor: Muhammad Faizin

BNI Mobile