Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Begini Cara Muslimat Adiluwih Pringsewu Bahagiakan Anak Yatim

Begini Cara Muslimat Adiluwih Pringsewu Bahagiakan Anak Yatim
Para anak yatim bergembira bersama di sebuah destinasi wisata dalam program Gembira Bersama Anak Yatim yang digelar PAC Muslimat NU Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu. (Foto: NU Online/Faizin)
Para anak yatim bergembira bersama di sebuah destinasi wisata dalam program Gembira Bersama Anak Yatim yang digelar PAC Muslimat NU Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online
Tidak ada manusia di dunia ini yang ingin hidup terpisah dan ditinggalkan orang tua. Namun Allah SWT telah menggariskan takdir-Nya kepada anak-anak yatim piatu yang harus kehilangan orang tua mereka sejak kecil. Tentu ini menjadi kesedihan tersendiri bagi mereka dalam mengarungi kehidupan.


Inilah yang menjadi perhatian khusus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, Lampung dengan berupaya mengurangi beban hidup yang harus dihadapi mereka. Melalui programnya, PAC Muslimat Adiluwih memiliki perhatian khusus untuk menggembirakan anak yatim di daerah tersebut.


"Gembira Bersama Anak Yatim adalah salah satu program kami untuk membahagiakan anak yatim piatu dengan jalan-jalan atau tamasya ke tempat yang mereka inginkan," kata Hj Binti Khairiyah kepada NU Online di Pringsewu, Senin (5/10).


Program ini rutin dilaksanakan setiap tahun dengan sistem bergilir dari kelompok ranting-ranting Muslimat se-Kecamatan Adiluwih. Dari 13 ranting Muslimat NU yang ada, pada tahun ini, ada 42 anak yatim dari 7 ranting yang diberangkatkan tamasya.


"Tahun ini anak-anak yatim kita ajak jalan-jalan ke objek wisata Kinar Resto Sukadanaham dan Lembah Hijau di Bandarlampung. Kegiatan ini diikuti oleh 42 anak yatim, 31 orang ibunya, 10 orang pengurus ranting, 9 orang pengurus PAC dan 3 orang Pengurus MWC Kecamatan Adiluwih," jelas Binti tentang kegiatan yang dilaksanakan pada Ahad (4/10) tersebut.


Para anak yatim yang ikut acara tersebut tampak antusias dan gembira. Mulai dari awal keberangkatan sampai kembali ke rumah, mereka terlihat sangat ceria.


"Kami sangat bahagia melihat anak-anak bahagia bermain dan menikmati wisata bersama. Semoga ini menjadi keberkahan bagi kami semua," harapnya.


Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam wisata tersebut seperti berdoa bersama, makan bersama, dan bermain outbond bersama. Keberhasilan program ini menurut Binti merupakan buah kerjasama dan kekompakan para pengurus Muslimat.


Ia pun berharap seluruh pengurus untuk terus menjaga kekompakan untuk melaksanakan program yang penuh dengan keberkahan ini. Ia memberikan apresiasi kepada Ketua Pelaksana Sri Umiyati yang telah berupaya mewujudkan program Gembira Bersama Anak Yatim pada tahun ini.


Program khusus untuk para yatim piatu lainnya dari PAC Muslimat juga terus diberikan, di antaranya santunan rutin yang dilaksanakan selama bulan Muharam dan Ramadhan, bertepatan pada malam Nuzulul Qur'an.


"Santunan yang diberikan seperti hewan kambing, seragam, tabungan, uang tunai, bingkisan, parsel dan peci khusus yang laki laki. Mudah-mudahan program ini dapat berjalan terus dengan baik dan semakin baik, serta kami selaku pengurus dapat menjaga amanah ini," harapnya


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aryudi AR

BNI Mobile