Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pengumuman Lomba Cover Shalawat Harlah NU Online

Pengumuman Lomba Cover Shalawat Harlah NU Online
Lomba Cover Shalawat Harlah NU Online
Lomba Cover Shalawat Harlah NU Online

Jakarta, NU Online
Lomba Cover Shalawat dalam rangka Hari Lahir Ke-17 NU Online telah dilaksanakan dan diikuti 200 peserta lebih dari berbagai daerah di Indonesia. Kini saatnya panitia mengumumkan pemenang lomba yang dihelat sejak Juli 2020 lalu itu pada Ahad (11/10).


Berdasarkan penilaian juri dari berbagai sisi dan ketentuan umum dan khusus lomba, berikut nama-nama pemenang Lomba Cover Shalawat dalam rangka Hari Lahir Ke-17 NU Online.


Terbaik pertama diraih oleh Moch. Fandi Irawan dengan lagu shalawat Ya Nabi Salam ‘Alaika (nilai: 9.250), juara kedua adalah Fanin As-Syauqi yang melantunkan shalawat Ya Wahibal Insan (nilai: 9.070), sementara Lailissa’adah dengan lagu shalawat Syaikhona (Ya Badrotim Mashup) menjadi pemenang ketiga (nilai: 8.993).


Adapun juara favorit diraih oleh Farida Nur Rosyidah yang menyenandungkan shalawat Ya Allah Biha Bihusnil Khatimah (24.527 penonton). Juara favorit ini dipilih berdasarkan jumlah penonton per 11 Oktober sampai dengan pukul 21.00 WIB.

 

Penilaian dalam lomba ini dilakukan pada tiga aspek, yakni vokal dan musik dengan nilai maksimal 4.000. Hal ini meliputi keutuhan dan power suara, keindahan suara, aransemen dan variasi musik, keserasian musik, serta vokal dan lagu.

 

Aspek kedua adalah video dan audio dengan nilai maksimal 3.500. Penilaian bidang ini mencakup pengambilan video, editing, kualitas (resolusi) video, serta kualitas dan kejernihan audio.

 

Terakhir, penilaian pada segi adab dan kreativitas dengan nilai maksimal 2.500. Hal ini meliputi adab dan penampilan (performance), serta kreativitas dan ekspresi.



"Kami melihat keseriusan yang luar biasa dari para peserta. Mereka pantas mendapat apresiasi setinggi-tingginya. Namun, proses penilaian harus adil. Sebagian mungkin unggul pada satu atau dua aspek tapi tidak pada aspek lain. Dewan juri ditantang untuk hal ini," kata Sastro Adi, salah satu anggota dewan juri.


Sebagai informasi, peserta terbaik pertama berhak mendapat hadiah yakni berangkat umrah, sedangkan terbaik kedua, terbaik ketiga, dan peserta terfavorit berhak ziarah di tiga negara, yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand.


Adapun peserta lain yang telah mengikuti lomba ini juga berhak mendapat sertifikat dan voucher umrah senilai Rp2,5 juta dari Risalah Madina.


NU Online dan Panitia Harlah Ke-17 mengucapkan selamat kepada para pemenang. Bagi yang belum berhasil, agar tidak perlu berkecil hati, masih banyak kesempatan lain terbuka untuk terus mengembangkan diri.


"Kami sampaikan selamat kepada para juara. Untuk yang belum juara, tetaplah mengembangkan diri dengan berkarya," kata Naufa, koordinator lomba.


Ke depan, katanya, NU Online akan ikut mempromosikan peserta yang potensial untuk terus membumikan shalawat. Ia juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, panitia akan menghubungi pemenang dan mengirimkan sertifikat peserta.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Muhammad Faizin
 


Video peserta lomba shalawat selengkapnya bisa disimak dalam playlist "Lomba Shalawat" di saluran Youtube NU Online

BNI Mobile