Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

BBM Berkah Bakal Warnai Hari Santri di Pringsewu

BBM Berkah Bakal Warnai Hari Santri di Pringsewu
(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Menyongsong Peringatan Hari Santri yang akan jatuh pada 22 Oktober 2020 mendatang, Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Pringsewu menggelar kegiatan Bersih-Bersih Masjid (BBM) Berkah secara serentak se-Kabupaten Pringsewu.

 

BBM Berkah ini akan dilaksanakan pada Jumat (16/10) pukul 08.00 WIB dilaksanakan oleh masing-masing pengurus atau marbot beserta jama’ahnya. Di setiap kecamatannya, LTMNU menggandeng Pengurus Majelis Wakil Cabang dengan menunjuk satu masjid yang akan menjadi penggerak untuk kegiatan ini.

 

"Tujuan BBM ini adalah untuk meningkatkan kebersihan masjid dan lingkungan sekitarnya dan meningkatkan kesadaran akan arti pentingnya kebersihan di masjid dan lingkungannya," kata Ketua LTMNU Pringsewu Ustaz Junaidi Abbas, Senin (12/10).

 

Selain itu lanjut Junaidi, BBM yang mengangkat tema "Masjid Bersih- Masjid Kita, Ibadah Tenang-Hati Nyaman" ini juga diharapkan mampu meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan para jamaah. Hal ini penting karena dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda ini, masyarakat harus saling bahu membahu memutus rantai penyebaran Corona.

 

"Masjid sebagai pusat kegiatan ibadah umat Islam memerlukan penanganan yang baik. Ada beberapa komponen yang perlu terus dibina dan dibangun oleh para pengurus salah satunya adalah masalah kebersihan, baik kebersihan di dalam bangunan maupun kebersihan lingkungan sekitarnya," ungkap Junaidi.

 

Menurut Junaidi,  jumlah masjid yang ada di Kabupaten Pringsewu saat ini berjumlah sekitar 505 masjid. Rata-rata secara fisik, bangunan dan sarana-prasarananya sudah cukup baik dan memadai. Namun dari sisi kebersihan dan perawatan masih perlu terus untuk diingatkan dan ditingkatkan. 

 

Berikut 10 masjid utama sebagai penggerak kegiatan BBM di setiap kecamatan di Kabupaten Pringsewu:
1. Masjid Al Fajar Jl. Kesehatan RT.09/05 Pringsewu Selatan  
2. Masjid Al Islah RT.04/RW.02 Pekon Pagelaran 
3. Masjid Syuhada Kampung Tengah, RT.01/RW.03 Sidodadi Pardasuka 
4. Masjid Roudlatul Huda RT.01/RW.01 Pekon Wonosari Gadingrejo
5 Masjid Darussalam Komplek Pemda Kabupaten Pringsewu Gadingrejo 
6. Masjid Jami Al Iman RT.03/RW.01 Pekon Sukoharjo II Sukoharjo
7. Masjid Al Abrar RT.05/RW.02 Pekon Waringinsari Timur Adiluwih 
8. Masjid Raudhatul Muslimin RT.01/RW.02 Pekon Ambarawa Ambarawa
9. Masjid Jamiatul Anwar RT.06/RW.02 Pekon Srirahayu Banyumas 
10. Masjid Al Muttaqin RT.10/RW.04 Pekon Margosari Pagelaran Utara

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

BNI Mobile