Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Kendal Realisasikan Program Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

NU Kendal Realisasikan Program Bedah Rumah Warga Kurang Mampu
LAZISNU Kendal bedah rumah warga yang hampir roboh (Foto: NU Online/Zainul Mufti)
LAZISNU Kendal bedah rumah warga yang hampir roboh (Foto: NU Online/Zainul Mufti)

Kendal, NU Online 

Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi yang memliki potensi luar biasa jika dikelola secara sinergis. NU berserta badan otonom yang ada dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat, khususnya nahdliyin (warga NU).

 

Hal itu ditunjukkan NU Kecamatan Kendal dalam program 'Bedah Rumah' yang menyasar keluarga Slamet, warga RT 17 RW 2 Kelurahan Candiroto, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

"Bedah rumah ini merupakan bentuk kepedulian Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU kepada masyarakat," kata Ketua LAZISNU Munir kepada NU Online, Ahad (11/10).

 

Diungkapkan, pogram bedah rumah diadakan sebagai respons kepedulian LAZISNU Kecamatan Kendal tentang adanya laporan masyarakat yang prihatin terhadap rumah keluarga Slamet yang termasuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

 

"Ada warga yang lapor rumah Pak Slamet sudah tidak layak huni. Sudah hampir roboh sehingga harus dibedah atau direhab," ungkapnya.

 

Oleh karena itu lanjutnya, program dibuat secara singkat dalam rapat yang bersifat darurat dan segera dilaksanakan. "Pelaksanaanya bertumpu pada LAZISNU Candiroto, Ansor, dan Banser. Penggalangan donasi juga masih terus dilakukan sampai rumah tersebut selesai direhab," bebernya.

 

Kondisi rumah yang didiami Slamet bersama istri dan empat orang anaknya cukup memprihatinkan. Diterangkan, rumah masih berlantaikan tanah, berdinding gedhek (anyaman bambu) yang sudah lapuk, dan atapnya sudah banyak yang bocor. Kondisi tersebut tidak dapat diperbaiki oleh Slamet yang saban hari bekerja sebagai tambal ban.

 

"Kami, LAZISNU Kecamatan Kendal turut prihatin dan merasa harus bergerak untuk membantunya. Maka kami gerakkan potensi yang ada di NU," ucapnya.

 

 

Pantauan di lokasi, nampak sejumlah anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kelurahan Candiroto bergotong royong mencopoti satu per satu bagian rumah Slamet. Sementara yang lain, mempersiapkan kayu baru sebagai penyangga, juga papan baru sebagai dinding.

 

Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Candiroto, Muhyidin merasa senang bahu-membahu dalam aksi sosial tersebut. Menurutnya, hal itu telah menjadi komitmen yang dipegang teguh Ansor Candiroto untuk terus berkhidmat melalui NU. 

 

"Kami telah menginstruksikan semua anggota Ansor dan Banser Candiroto untuk membantu kegiatan bedah rumah. Alhamdulillah semua anggota dengan antusias bersedia membantu sesuai kemampuan sampai selesai," katanya.

 

Ungkapan rasa syukur diucapkan Slamet dan warga sekitar atas respons LAZISNU menerima laporan adanya RTLH yang harus segera diperbaiki. Slamet juga merasa bangga Ansor dan Banser bersedia membantu membangunkan kembali rumahnya. 

 

“Saya hanya hanya mampu membalas kebaikan semua anggota Ansor, Banser, LAZISNU dan warga yang terlibat dengan doa dan ucapan terima kasih yang tak terhingga," tutur Slamet dalam haru. 

 

Kontributor: Zainul Mufti, Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile