Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rumah Mbah Poniyah Hampir Roboh, NU Care Cilacap Bantu Renovasi

Rumah Mbah Poniyah Hampir Roboh, NU Care Cilacap Bantu Renovasi
Rumah Mbah Poniyah di Majenang Cilacap yang hampir roboh mengundang kepedulian NU Care-LAZISNU Cilacap turun tangan membantu renovasi. (Foto: Istimewa)
Rumah Mbah Poniyah di Majenang Cilacap yang hampir roboh mengundang kepedulian NU Care-LAZISNU Cilacap turun tangan membantu renovasi. (Foto: Istimewa)

Cilacap, NU Online

Rumah itu terletak di RT 02 RW 05 Desa Cilopadang, Kecamatan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. Di dalam rumah berukuran 5x7 meter itu juga tidak ada perabotan apa pun. Keadaan rumah itu pun hampir roboh.

 

Di dalam rumah itulah, Mbah Ponirah tinggal seorang diri. Dalam usianya yang tahun ini memasuki usia 70, Mbah Ponirah tinggal. Ia tidak mempunyai suami dan tidak mempunyai anak. Untuk kebutuhan hidup sehari-hari, Mbah Poniyah mencari kayu bakar, selain mengandalkan bantuan tetangga.

 

Pada musim hujan seperti saat ini, Mbah Poniyah harus diungsikan ke rumah tetangga karena kondisi rumah yang hampir roboh. Keadaan rumah dan Mbah Ponirah itu, diketahui Tim NU Care-LAZISNU saat kunjungan pada Sabtu (11/10). 

 

Setelah mengetahui keadaan itu, NU Care-LAZISNU Cilacap, memutuskan untuk melakukan bedah rumah dan perbaikan rumah Mbah Ponirah. Manajer NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi mengatakan melalui pemanfaatan dana Koin NU dan dibantu masyarakat setempat pada hari Ahad (11/10) rumah Mbah Poniyah dirobohkan.

 

"Rumah lalu dibangun kembali dengan ukuran 6x6 meter," terang Ahmad Fauzi setekah peletakan batu pertama pembangunan rumah Mbah Poniyah, Selasa (13/10)  pagi.

 

Peletakan batu pertama ini, kata Fauzi, menjadi bagian dari bedah rumah duafa yang dilakukan NU Care-LAZISNU Cilacap. Saat ini, NU Care-LAZISNU juga pihaknya masih membuka donasi untuk pembangunan rumah Mbah Poniyah.

 

"Bantu Mbah Poniyah memiliki hunian yang layak dengan berdonasi melalui BNI Syariah di nomor rekening 0739 0683 46 atas nama LAZISNU CILACAP INFAQ. Konfirmasi Donasi Hubungi 0812-2822-1010," jelas Fauzi.

 

Program unggulan

Bedah rumah duafa adalah salah satu program unggulan NU Care-LAZISNU Cilacap. Selain rumah Mbah Ponirah, NU Care-LAZISNU juga mengagendakan renovasi rumah Febri Anti Ayu Widiyaningsih. Peremuan 27 tahun ini tinggal di Desa Tinggarjaya RT 02/01 Kecamatan Sidareja. Ia hidup dengan tiga orang anak, masing-masing berusi 7 tahun, 5 tahun, dan anak terkecil 4 bulan. 


"Dalam kesaharianya ibu ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mengandalkan kiriman dari suaminya yang sedang merantau di luar kota. Entah karena apa dalam beberapa bulan ini suaminya sudah tidak pernah memberikan kiriman lagi dan tidak ada kabarnya," tutur Fauzi.

​​​​​​​. 
Ia juga menjelaskan, untuk kebutuhan makan Febri dan anak-anaknya dalam beberapa bulan ini mengandalkan pemberian dari para tetangganya. Dalam kondisi serba sulit seperti ini rumah yang ditempati keluarga Febri Anti Ayu Widiyaningsih sangat memprihatikan.

 

​​​​​​​"Karena sudah tidak layak huni lagi, di kanan kirinya juga sudah banyak dikasih penyangga agar rumah tetap berdiri untuk bisa berteduh mereka dan anak-anaknya. Atap rumah pun banyak yang bocor sehingga kalau hujan melanda pastinya air hujan akan masuk ke dalam rumah," imbuh Fauzi.

 

Untuk renovasi rumah Febri, NU Care-LAZISNU Cilacap bekerjasama dengan BMT El Sejahtera Cipari pada Senin (12/10). "Agar Ibu Febri bisa segera memiliki hunian yang layak," harap Fauzi.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Fathoni Ahmad

BNI Mobile