Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HARI SANTRI 2020

Ketua NU Pringsewu: Hari Santri adalah Milik Semua

Ketua NU Pringsewu: Hari Santri adalah Milik Semua
Para santri menggelar upacara bendera merah putih dalam untuk memperingati Hari Santri tahun lalu. (Foto: NU Online/Faizin)
Para santri menggelar upacara bendera merah putih dalam untuk memperingati Hari Santri tahun lalu. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung H Taufik Qurrahim menegaskan bahwa Hari Santri merupakan hari spesial bagi para santri dan seluruh elemen bangsa Indonesia. Hari tersebut menandai peran para santri dalam ikut serta memperjuangkan kemerdekaan yang saat ini sudah dirasakan kenikmatannya.


“Jadi Hari Santri adalah milik semua yang harus kita peringati dan rayakan bersama karena kita adalah Indonesia,” tegasnya saat kegiatan Rapat Koordinasi PCNU Kabupaten Pringsewu dengan Pemerintah Daerah setempat dalam rangka menyongsong Hari Santri, Jumat (16/10).


H Taufik menambahkan bahwa kebahagiaan  yang  muncul  terakit  diresmikannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri oleh pemerintah pada tahun 2015 harus terus diwujudkan dengan senantiasa memperingatinya dan memeriahkannya. Walau dalam kondisi pandemi dengan era kenormalan baru, setiap elemen bangsa bisa mengemas kegiatan sesuai protokol kesehatan.


“Pandemi tidak boleh menyurutkan kita untuk memperingati Hari Santri. Saat ini kita bisa manfaatkan perkembangan teknologi internet untuk meramaikannya melalui cara online atau melalui media sosial,” ungkapnya.


PCNU Pringsewu sendiri sejak awal diresmikannya Hari Santri oleh Presiden Joko Widodo terus melakukan kegiatan sebagai wujud syukur atas anugerah ini. Berbagai macam jenis kegiatan dilakukan mulai dari seni, budaya, pendidikan, dan sebagainya. Untuk tahun ini PCNU menggelar kegiatan online dan offline untuk bidang kompetisi dan juga edukasi.


Untuk tahun ini, Nahdlatul Ulama sudah menyiapkan sekitar 25 rangkaian agenda acara guna memeriahkan hari santri baik secara online maupun offline. Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak 27 September 2020 melalui Launching Hari Santri di Aula Gedung NU Kabupaten Pringsewu.


“Kita ajak seluruh elemen masyarakat ikut memeriahkan Hari Santri karena ini merupakan hari kita bersama,” ajaknya.


Hal senada juga diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Pringsewu KH Hambali yang hadir pada kegiatan Rapat Koordinasi tersebut. Ia mengajak seluruh elemen bangsa untuk menandai Hari Santri dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat dalam rangka muhasabah dan mengenang para pejuang kemerdekaan.


“Kita bisa hidup menghirup angin kemerdekaan saat ini atas berkat rahmat Allah SWT melalui wasilah para pejuang yang di dalamnya para santri juga ikut berkorban. Mari syukuri dengan ucapan Alhamdulillah dan wujudkan dalam tindakan yakni mengisi kemerdekaan dengan salah satunya memperingati Hari Santri,” ajaknya.


Ia berharap rangkaian kegiatan Hari Santri pada tahun 2020 di tengah pandemi akan dapat berjalan dengan baik, lancar, dan aman. Ia berharap panitia benar-benar menerapkan protokol kesehatan dalam setiap agenda kegiatannya. “Semoga kita mendapat berkah dari Allah SWT,” harapnya.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aryudi AR

BNI Mobile