Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Sukoharjo: Diklat Pagar Nusa Penting bagi NU

NU Sukoharjo: Diklat Pagar Nusa Penting bagi NU
Pembukaan Diklat Pasti Pagar Nusa NU Sukoharjo, Jateng (Foto: NU Online/Masri Zaini)
Pembukaan Diklat Pasti Pagar Nusa NU Sukoharjo, Jateng (Foto: NU Online/Masri Zaini)

Sukoharjo, NU Online

Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pasukan Inti (Pasti) Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Sukoharjo angkatan I merupakan tahapan yang harus diyakini sebagai sebuah proses yang sangat penting bagi seorang anggota Pasti dan tidak boleh mengganggapnya sebagai proses biasa dan rutinitas semata. 

 

"Diklat Pasti angkatan pertama ini bertepatan dengan momentum bersejarah bagi NU Sukoharjo," tegas Ketua PCNU Sukoharjo, KH Khomsun Nur Arif pada saat membuka Diklat Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Sukoharjo Angkatan I, Sabtu–Ahad, (17–18/10).

 

Dikatakan, acara yang digelar di Madrasah Ibtidaiyah Wali Songo Kalangan Mulur Bendosari Sukoharjo memiliki nilai sejarah yang sangat menarik. Karena berdasarkan data dan fakta  sejarah, tanggal 17 Oktober 1954/19 Shafar 1374 H tesebut diresmikan dan disahkanlah PCNU Sukoharjo Periode pertama (66 Tahun silam) di kediaman Kiai Sastro Prawiro dan Kiai Ahmad Sholeh, Sedahromo, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. 

 

"Diklat Pasti angkatan pertama ini menjadi pengingat momentum istimewa terkhusus anggota Pasti agar semakin kokoh dan solid untuk berkhidmah di NU dan Pagar Nusa," harapnya.

 

Dirinya berpesan agar anggota Pasti senantiasa bersiap diri menjaga para alim ulama serta para kiai, salah satu cara terbaik menjaga mereka adalah dengan berakhlakul karimah. "Sebagaimana salah satu butir ikrar saat pembaiatan warga Pagar Nusa yakni menjunjung tinggi akhlakul karimah,” tegasnya.

 

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Sukoharjo Edi Leneng mengatakan, Diklat Pasti PSNU Pagar Nusa Sukoharjo diikuti 45 peserta berasal dari perwakilan seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Sukoharjo.

 

"Kegiatan Diklat ini bertujuan membentuk Pasukan Inti (Pasti) di tingkat Cabang sebagaimana ketentuan yang terdapat dalam PD/PRT PSNU PN bahwa Pasti di tingkat kabupaten dibentuk oleh Pimpinan Cabang Pagar Nusa," katanya kepada NU Online, Kamis (22/10).

 

Dijelaskan, Pasukan Inti merupakan perangkat organisasi berfungsi sebagai pasukan elit Pagar Nusa yang harus senantiasa siap dalam satu komando guna mensukseskan kegiatan keorganisasian dan kemasyarakatan. 

 

"Materi Diklat meliputi ke-Pagarnusa-an, ke-Pasti-an, strategi pengamanan, ke-NU-an, wawasan kebangsaan dan berbagai kegiatan fisik maupun non fisik sebagaimana yang terjadwal," pungkasnya.

 

Kontributor: Masri Zaini
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile