Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Akademisi Internasional Hadiri Peluncuran Jurnal Islam Nusantara Unusia Besok

Akademisi Internasional Hadiri Peluncuran Jurnal Islam Nusantara Unusia Besok
Gedung Unusia Bogor (Foto: NUO)
Gedung Unusia Bogor (Foto: NUO)

Jakarta, NU Online

Fakultas Islam Nusantara Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) akan meluncurkan Jurnal Unusia Islam Nusantara Journal for study of Islamic history and culture pada Selasa (27/10) pukul 18.30 WIB.

 

Dekan Fakultas Islam Nusantara Ahmad Suaedy menyampaikan bahwa peluncuran Jurnal Islam Nusantara ini bertujuan untuk membagikan kajian Islam yang berbasis pada Nusantara.

 

"Pertama, menyebarluaskan hasil kajian para akademisi dan peneliti tentang tema-tema keislaman dan kenusantaraan pada tataran global," katanya, Senin (26/10).

 

Selain itu, peluncuran ini juga dalam rangka menjaring hasil penelitian tentang tema yang sama. "Kedua, memperkaya jaringan kerja akademisi dan pengembangan khazanah ilmu pengetahuan khususnya tentang studi keislaman dan kenusantaraan di tingkat internasional," lanjut Editor-in Chief jurnal tersebut.

 

Jurnal ini akan diluncurkan secara daring melalui temu virtual dan akan dihadiri oleh akademisi dari berbagai belahan dunia, Asia, Eropa, hingga Afrika. Mereka adalah Maryam Ait Ahmad, dosen senior di Ibnu Thufail University Morocco and Chairwoman Indonesian-Moroccan Brotherhood, Maroko; Mahmoodreza Esfandiar, Guru Besar Jurusan Studi Asia Tenggara, Encyclopedia Islamica Foundation, Teheran dan Chancellor of Islamic Azad University, Teheran, Islamshahr Branch, Iran; dan Saskia Schaefer, Peneliti Senior di Humboldt-Universtat zu Berlin, Jerman. 

 

Acara dengan tema Islam Nusantara and the challenge of World Peace (Islam Nusantara dan Tantangan Perdamaian Dunia), akan dimulai dengan penyampaian materi oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj.

 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Santri 2020 ini akan dipandu Ulil Abshar Abdalla, MA (Gus Ulil) dan juga dihadiri Rektor Unusia Profesor Maksoem Machfoedz.

 

Dalam rangakaian acara juga akan ditayangkan kesaksian dan endorsement dari para intelektual terkemuka Indonesia dan internasional.

 

Peluncuran akan disiarkan secara langsung di kanal Youtube 164 Channel dan dilaksanakan secara luring dalam ruang terbuka secara terbatas yang dihadiri oleh pimpinan universitas, mahasiswa, dan panitia serta beberapa undangan yang telah ditentukan.

 

Sejak 2013, Program Master Fakultas Islam Nusantara Unusia sudah menamatkan 133 orang, sedang program doktor saat ini sudah berlangsung tiga angakatan dengan jumlah mahasiswa 44 orang dari seluruh Indonesia.

 

Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan

BNI Mobile