Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HARI SANTRI 2020

NU Poso Adakan Khitanan Massal dan Lomba-lomba di Tamanjeka

NU Poso Adakan Khitanan Massal dan Lomba-lomba di Tamanjeka
Lomba dan khitan massal warnai Hari Santri NU Poso. (Foto: Tim Medis NU Poso)
Lomba dan khitan massal warnai Hari Santri NU Poso. (Foto: Tim Medis NU Poso)

Poso, NU Online

Memperingati Hari Santri 2020, PCNU Kabupaten Poso bekerjasama dengan Idensos Satwil Sulteng mengadakan kegiatan sunatan masal dan lomba-lomba di Dusun Tamanjeka Poso Pesisir.

 

Kegiatan sunatan dan lomba-lomba antar pelajar PAUD dan Sekolah Dasar di antarannya lomba adzan, lomba lomba lari karung, lomba lari gigit sendok, lomba makan kerupuk, lomba hafal Pancasila, lomba tarik tambang dan lomba mewarnai di Gedung SDN Ratalembah.

 

Peserta sunatan masal terdiri dari 31 orang anak dari Dusun Tamanjeka dan Desa Ueralulu. Bahkan ada satu peserta dari kelurahan Kayamanya Kecamatan Poso Kota.

 

Plt Kades Ueralulu, Sabam Tikara dalam sambutanya menyambut dengan senang hati dan respons positif program PCNU Poso yg melaksanakan sunatan massal dan lomba yg sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya generasi di tempat ini.


Sementara itu Kadus Ratalembah Muh Sambara berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan, karena sangat diharapkan masyarakat. Hal itu juga untuk membangun kepercayaan diri anak-anak agar kreatif dan berlatih tampil di hadapan orang banyak. Pihaknya juga berharap lewat NU Poso menyampaikan ke Pemerintah Daerah untuk memperhatikan kondisi jalan yang rusak menuju Dusun Tamanjeka dan Ueralulu.

 

Panitia Seksi Lomba Ustadz Rodjudin Ikhsan mengatakan dengan lomba-lomba ini diharapkan anak-anak tidak malu-malu lagi untuk tampil di depan umum. "Dan bagi anak-anak yang belum berhasil juara jangan sedih karena itu adalah kesuksesan yang tertunda," ujarnya.

 

Sementara itu Ketua PCNU Kabupaten Poso, Sutami Idris mengatakan bahwa kegiatan sunatan massal merupakan bukti nyata NU kepada masyarakat. Ia mengatakan sambutan hangat masyarakat dalam kegiatan ini. Karenanya ia mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Idensos Satwil Sulteng dan kepada Tim Medis Masjid As Syifa RSUD Poso.

 

"Semoga program kerja sama NU dengan Idensus Satwil Sulteng terus berlanjut," harapnya.

 

Ia memberi catatan penting untuk badan eksekutif dan legislatif di Poso serta pihak terkait untuk memperbaiki jalan rusak menuju Dusun Tamanjeka. "Kita sudah merdeka, hanya jalan ini yang belum merdeka karena menyulitkan akses masyarakat untuk beraktivitas," pungkasnya.

 

Kegiatan yang berlangsung sehari itu pada ditutup dengan penyerahan piala dan hadiah-hadiah untuk juara-juara lomba dalam rangka Hari Santri tingkat PAUD dan Sekolah Dasar. Hadir pula dalam kegiatan itu Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Masani, Kepala SDN Ratalembah, Plt Kades Ueralulu Tokoh Agama dan Masyarakat Dusun Tamanjeka. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustaz Asri Lakuntu, yang juga Sekretaris PCNU Kabupaten Poso.

 

Kontributor: Anam
Editor: Kendi Setiawan

BNI Mobile