Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bangkitkan Sektor Pariwisata, Ansor Lampung Timur Gerakkan 64 Pokdarwis Binaan

Bangkitkan Sektor Pariwisata, Ansor Lampung Timur Gerakkan 64 Pokdarwis Binaan
Suasana Bimtek Sadar Wisata Adaptasi Kebiasaan baru dan Pengembangan Potensi Produk Pariwisata, di ballroom Swissbell Hotel Bandarlampung, Kamis (29/10). (Foto: NU Online/Faizin)
Suasana Bimtek Sadar Wisata Adaptasi Kebiasaan baru dan Pengembangan Potensi Produk Pariwisata, di ballroom Swissbell Hotel Bandarlampung, Kamis (29/10). (Foto: NU Online/Faizin)

Lampung Timur, NU Online
Dalam rangka membantu pemerintah untuk bangkit dari kelesuan sektor pariwisata dan industri kreatif akibat Covid-19, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda  (PC GP) Ansor Kabupaten Lampung Timur terus melakukan penguatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).


Saat ini PC GP Ansor Kabupaten Lampung Timur sudah memiliki 64 anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang terus dibina melalui berbagai program. Diharapkan dengan bergeliatnya para insan pariwisata ini, pergerakan ekonomi dari sisi pariwisata akan kembali tumbuh di Lampung Timur


Ketua PC GP Ansor Lampung Timur, H Muslih mengatakan bahwa pariwisata merupakan sektor yang paling terdampak dan paling berat akibat covid-19. Selama ini sumbangan devisa negara mencapai 15 miliar dolar AS pertahunnya.


"Karena pandemi ini devisa dari sektor ini turun drastis hingga 90%," ungkapnya saat mengkoordinir Pokdarwis binaan GP Ansor mengikuti Bimtek Sadar Wisata Adaptasi Kebiasaan baru dan Pengembangan Potensi Produk Pariwisata, di ballroom Swissbell Hotel Bandarlampung, Kamis (29/10)


Tujuan dari kegiatan Bimtek ini adalah untuk membangun adaptasi kebiasaan baru dan pengembangan potensi produk wisata, yakni bagaimana penerapan CHSE Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment (ramah lingkungan).


Muslih pun sangat berharap dengan pelatihan ini akan tumbuh pengembangan desa-desa wisata khususnya di Kabupaten Lampung Timur. Selain itu juga diharapkan akan muncul dan berkembang ekonomi kreatif untuk menghadapi ancaman resesi akibat Covid-19.


Bimtek tersebut  diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif RI. Acara ini juga merupakan dorongan dari  usulan Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.


Acara tersebut dibuka oleh Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, H Muhammad Kadafi dan dilanjutkan diskusi dengan pemateri dari Jakarta, Rina Fitriana.


Hadir pada acara ini Sekretaris Deputi Bidang Sumber daya dan kelembagaan Kemenparekraf RI Riwud Muji Rahayu, dan Kabid Destinasi pariwisata dan Ekraf Provinsi Lampung Rahmat Haryadi.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aryudi A Razaq

BNI Mobile