Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

UPZISNU di Lampung Tengah Bagikan Beras kepada Warga Terdampak Covid-19

UPZISNU di Lampung Tengah Bagikan Beras kepada Warga Terdampak Covid-19
Salah satu pengurus UPZISNU di Lampung Tengah sedang memberikan beras kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: NU Online/Akhmad Syarief Kurniawan)
Salah satu pengurus UPZISNU di Lampung Tengah sedang memberikan beras kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: NU Online/Akhmad Syarief Kurniawan)
Lampung Tengah, NU Online
Sejumlah pengurus Unit Pelaksana Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah membagikan beras kepada masyarakat yang kurang mampu, terutama yang terkena dampak Covid-19. Asksi sosial ini merupakan program perdana.
 
"Program ini merupakan bentuk kepedulian warga NU kepada sesama dengan saling membantu dan saling menolong, yang menerima akan sedikit terkurangi bebannya dan yang memberi akan mendapatkan doa baik dari si penerima," kata Ketua UPZISNU Punggur, Lampung Tengah, M Taufik Nawawi, Kamis (19/11) pagi.
 
Ia menambahkan, program ini direncanakan akan dilakukan secara rutin setiap bulan dengan menggalang dana dari para donatur, mengingat masyarakat terdampak Covid-19 cukup merata di kecamatan ini.
 
Adapun penerima bantuan beras tersebut sebanyak 16 Kepala Keluarga (KK). Masing-masing dari mereka menerima 1 sak berisi 5 kg. 16 KK tersebut tersebar di lima ranting NU, yaitu ranting NU Kampung Mojopahit, ranting NU Kampung Ngestirahayu, ranting NU Kampung Astomulyo, ranting NU Kampung Totokaton, dan ranting NU Kampung Nunggalrejo. 
 
"Alhamdulillah sebagai awalan kami memperoleh donasi dari aghniya sebesar Rp600.000, lalu donasi tersebut kami belanjakan berupa beras sebanyak 80 kg beras, dan beras tersebut kami kemas menjadi 16 sak," imbuhnya.
 
Merespons kegiatan sosial itu, Wakil Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Punggur, Gus Alie Fadhilah Musthofa mengapresiasi dan mendukung penuh program UPZISNU.
 
Ia berharap kegiatan tersebut bisa terus dilakukan secara istikamah, sehingga bisa menyasar masyarakat terdampak Covid-19 lebih luas lagi. 
 
"Mari kita sisihkan sebagian dari rezeki yang kita peroleh untuk membantu sesama sekaligus salah satu untuk syiar dakwah Nahdlatul Ulama di wilayah Kecamatan Punggur yang terdiri sembilan ranting NU ini," ujarnya.
 
Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Kampung Srisawahan, Sutarno menyambut baik program ini. Ia menilai UPZISNU Kecamatan Punggur merupakan wadah yang tepat dalam menyalurkan sedekah masyarakat di Kecamatan Punggur.
 
Kontributor: Akhmad Syarief Kurniawan
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile