Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rais Syuriyah NU Aceh Barat Daya, Tgk Abu Bakar Albayani Tutup Usia

Rais Syuriyah NU Aceh Barat Daya, Tgk Abu Bakar Albayani Tutup Usia
Poster ucapan duka atas wafatnya Rais Syuriyah PCNU Aceh Barat Daya, Tgk Abu Bakar Albayani. (Foto: Istimewa)
Poster ucapan duka atas wafatnya Rais Syuriyah PCNU Aceh Barat Daya, Tgk Abu Bakar Albayani. (Foto: Istimewa)
Aceh Barat Daya, NU Online
Kabar duka menyelimuti warga Nahdlatul Ulama (NU) Aceh Barat Daya, Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Aceh Barat Daya, Aceh, Tgk Abu Bakar Albayani wafat, Kamis (19/11). Informasi yang dihimpun NU Online, almarhum meninggal sekitar pukul 04.00 WIB sebelum Subuh dan dikebumikan di rumah duka, Gampong Pante Rakyat, Kecamatan Babah Rot.
 
Almarhum diketahui juga merupakan Pimpinan Pesantren Asyafi'iyah, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya. "Innalilahi wa inna ilaihi rojiun, salah seorang ulama yang merupakan Pimpinan Pesantren Asyafi'iyah, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya telah berpulang ke rahmatullah dan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan husnul khatimah," kata Tgk Asnawi M Amin, Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh. 
 
Ia mengungkapkan, aktivitas keseharian almarhum di samping aktif memberikan arahan-arahan untuk kemajuan NU, juga sebagai pendidik yang telaten mengajari ilmu-ilmu agama kepada masyarakat setempat.
 
Pria yang akrab disapa Gus Nawi itu mengajak seluruh pengurus dan warga NU untuk mendoakan dan shalat jenazah kepada almarhum.
 
"Kami sangat berharap kepada masyarakat khususnya  Nahdliyin untuk mendoakan almarhum juga melakukan shalat jenazah ghaib sebagai salah satu bentuk kepedulian dan kebersamaan kepada almarhum yang juga pimpinan dayah dan ulama senior," pintanya.
 
Catatan media ini, sepanjang tahun 2020 beberapa ulama senior Aceh telah berpulang ke rahmatullah, di antaranya H Muhammad Abduh HS Bin Tgk H Hasan Saleh atau yang lebih dikenal Abu Laga Baro. Ia meninggal dalam usia 69 tahun pada tanggal 31 Oktober 2020 lalu.
 
Abu Laga Baro mulai memimpin dayah salafi tersebut Tahun 1986, setelah lama belajar ilmu agama di Dayah Mudi Mesra Samalanga, Bireuen. Dayah tersebut mulai didirikan almarhum ayahnya, Tgk Hasan Saleh pada tahun 1951. 
 
Sebelumnya, Pimpinan Dayah Daruzzahidin Al-Istiqamatuddin Gampong Bidok Abi Bidok wafat pada tanggal 24 Agustus 2020 akibat komplikasi penyakit yang mendera tubuhnya dalam beberapa tahun terakhir.
 
Kontributor: Helmi
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile