Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Melihat Proses Pembangunan Kantor NU di Kabupaten Poso

Melihat Proses Pembangunan Kantor NU di Kabupaten Poso
Peletakan batu pertama Gedung NU Poso. (Foto: Dewi Nurcahyani)
Peletakan batu pertama Gedung NU Poso. (Foto: Dewi Nurcahyani)

Jakarta, NU Online
Warga Nahdlatul Ulama di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah semakin terlihat kompak. Setiap hari, Nahdliyin di sana melakukan konsolidasi. Perkumpulan tersebut bertujuan untuk membicarakan jalannya pembangunan Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) yang sudah dimulai sejak beberapa waktu yang lalu.

 

Ketua PCNU Kabupaten Poso, Sutami Idri, mengatakan, semua warga NU disana berjibaku dan bergotong royong mempersiapkan perangkat yang diperlukan untuk membangun kantor NU. Memiliki kantor PCNU yang berlokasi di Kelurahan Moeingko Lama, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso menjadi kebanggaan tersendiri yang muncul dari benak nahdliyin, sebelum akhirnya dapat diwujudkan. 

 

Peletakan batu pertama Kantor NU Poso dilangsungkan pada 12 Oktober 2020 yang lalu. Progres pembangunan kantor NU tersebut saat ini sudah mencapai 40 persen. Semua pembiayaan berasal dari donator yang digalang oleh warga NU. Sedangkan pembiayaan untuk membangun kantor itu lebih dari Rp100 juta. 

 

"Alhamdulillah semua kegiatan NU termasuk pembangunan gedung NU di Poso berjalan dengan lancar. Tahap pertama semua dinamika berjalan dengan aman," kata Sutami Idris, dihubungi NU Online, Senin (23/11).

 

Idris mengungkapkan, keberadaan kantor NU di Kabupaten Poso jelas memiliki manfaat yang luas bagi masyarakat terutama bagi warga NU. Selain dapat digunakan untuk kegiatan pengajian, kantor NU bertujuan untuk menyimpan berkas-berkas serta urusan administrasi lainnya. 

 

"Kalau ada kantor semakin memudahkan konsolidasi organisasi untuk penguatan kelembagaan NU di Poso," tuturnya. 

 

Untuk diketahui, warga NU di Kabupten Poso, Sulawesi Tengah memang sedang giat-giatnya menjalankan program sosial keagamaan untuk membantu masyarakat. Sebagai organisasi sosial keagamaan, NU di sana tidak hanya fokus memberikan pendidikan agama kepada semua lapisan masyarakat tetapi jugas sekaligus menguatkan peran-peran masyarakata yang lain seperti mendorong lahirnya kelompok masyarakat yang peduli dengan kelestarian alam, kebencanaan dan wirausaha. 

 

Baru-baru ini, semua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Poso menggelar pelantikan. Pada kesempatan itu, para pengurus MWCNU berkomitmen mewujudkan paham Islam Ahlusunnah wal Jamaah yang merata di Kabupaten Poso. Semua itu digerakkan dalam rangka mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin.

 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online