Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Innalillahi, Mustasyar PCNU Banyumas KH Zaeni Ilyas Tutup Usia

Innalillahi, Mustasyar PCNU Banyumas KH Zaeni Ilyas Tutup Usia
Almarhum KH Zaeni Ilyas (Foto: Istimewa)
Almarhum KH Zaeni Ilyas (Foto: Istimewa)

Banyumas, NU Online 
Inna lillahi wainna ilaihi raajiuun, kabar duka yang mendalam datang dari Banyumas, Jawa Tengah. Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyumas, KH Zaeni Ilyas Pengasuh Pesantren Miftahul Huda, Pesawahan, Rawalo, Banyumas tutup usia. 

 

Informasi yang dapat dihimpun NU Online, salah satu kiai sepuh di Jawa Tengah tersebut wafat pada hari Selasa (24/11) pukul 14.40 WIB siang di salah satu Rumah Sakit di daerah Rawalo, Banyumas. 

 

Saat dikonfirmasi, salah satu keluarga Gus Ahmad Faizun menuturkan, Kiai Zaeni Ilyas wafat di Rumah Sakit Sahabat, Rawalo, Banyumas. Rencananya pemakaman akan dilaksanakan pada hari Rabu (25/11) pukul 10.00 WIB. 

 

"Simbah dibawa ke RS karena gerah sepuh. Rencananya simbah akan dimakamkan di Komplek Pondok Pesantren Miftahul Huda," terang Gus Faizun.

 

Gus Faizun menuturkan, KH Zaeni Ilyas wafat diusianya yang ke-94. KH Zaini Ilyas lahir bertepatan dengan tahun lahirnya Nahdlatul Ulama, yakni tahun 1926 M. KH Zaini Ilyas wafat meninggalkan 3 putra dan 2 putri. 

 

Dalam riwayat masyhurnya, KH Zaini Ilyas merupakan salah satu santri langsung dari kiai kharismatik asal Kediri, Jawa Timur, Syekh Ihsan bin Dahlan Pesantren Al-Ihsan, Jampes, Kediri, Jawa Timur. 

 

KH Zaini Ilyas suami dari Ibu Nyai Muttasi’ah binti KH Badawi (Pengasuh Pesantren Kesugihan). Putra bungsu dari pasangan KH Ilyas dan Nyai Hj Sholihah lahir di Persawahan pada 11 Januari 1926.

 

Dari perkawinan dengan Nyai Hj Muttasi’ah Badawi, KH Zaini dikaruniai lima orang anak yakni Linatus Shofiyah, Habib Mahfudz, Hanan Masykur, Ulul Albab, dan Umniyah Labibah.

 

Kontributor: Kifayatul Ahyar
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile