Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bangun Pesantren di Palangka Raya, NU Kalteng: Untuk Pusat Dakwah NU

Bangun Pesantren di Palangka Raya, NU Kalteng: Untuk Pusat Dakwah NU
Tasyakuran dimulainya pembangunan pesantren NU di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Foto: NU Online/Khumaini)
Tasyakuran dimulainya pembangunan pesantren NU di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Foto: NU Online/Khumaini)

Palangka Raya, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mulai membangun pesantren di lahan seluas 20 hektare. Di lokasi tepi jalur Trans Kalimantan Palangka Raya-Buntok kilometer 47, wilayah Desa Humbang Raya, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas tersebut, rencananya juga akan dijadikan sebagai perkampungan Nahdlatul Ulama (Kampung NU).
 


Ketua PWNU Kalimantan Tengah H Wahyudi F Dirun mengaku rencana tersebut merupakan impiannya dalam membesarkan NU di Kalteng. "Adanya rencana pembangunan pesantren modern yang besar itu adalah cita-cita kita PWNU Kalteng," katanya.

 

Sebab, menurutnya persoalan yang harus diselesaikan NU di Kalteng adalah memiliki pesantren sebagai pusat dakwah dan basis kaderisasi ideologi NU secara kultur. "Salah satu tantangan NU di Kalteng sampai sekarang belum memiliki pusat Pondok Pesantren modern yang besar, sekarang ini walaupun ada tapi masih skala kecil," ucapnya. 

 

Jadi lanjutnya, ini adalah cita-cita besar kita. salah satu support dukungan dari PWNU Kalteng adalah mencoba menghubungkan jalur-jalur yang mungkin bisa mensupport pembiayaan melalui investasi dengan lembaga-lembaga terkait.

 

Kepada NU Online, Rabu (25/11) Wahyudi merencanakan untuk mengajak NU Palangka Raya beraudensi dengan Gubernur agar dapat dukungan juga dari Pemerintah Provinsi.

 

"Nantinya kita akan bersilaturahmi dan beraudensi dengan Pemerintah Provinsi, yaitu dengan Gubernur dan berharap agar Pemerintah Provinsi dapat berkontribusi dalam pembangunan Kampung NU dan Pondok Pesantren supaya cepat terwujudnya cita-cita besar ini," harapnya

 

 

Dukungan serupa juga dikatakan Rais NU Kota Palangka Raya KH Zainal Arifin, tokoh NU yang saat ini menjabat Ketua Umum Majelis Ulama (MUI) Kota Palangka Raya. Ia berharap pembangunan tersebut cepat selesai dan menjadi perkampungan yang berkah.

 

"Saya juga berharap banyak para donatur yang menginvestasikan hartanya di sini untuk akhirat. Dan saya pun siap untuk mengabdi di pondok pesantren ini nantinya. Mudah-mudahan pembangunan ini cepat selesai," pungkasnya.

 

Kepala Kementerian Agama Kota Palangka Raya Achmad Farichin mendukung sepenuhnya upaya PWNU Kalteng dan NU Kota Palangka Raya mendirikan pesantren untuk pusat dakwah dan kegiatan NU.

 

"Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi yang luar biasa, ini adalah bukti bahwa PCNU Kota Palangka Raya ingin memberikan yang terbaik buat umat Islam yang ada di Kota Palangka Raya khususnya, dan Kalimantan tengah pada umumnya," katanya saat tasyakuran dimulainya penggarapan perkampungan NU dan pesantren.

 

Disaksikan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Kalteng, Rais PCNU Kota Palangka Raya dan seluruh badan otonom (Banom) NU Kota Palangka Raya yang hadir, Farichin berharap ikhtiyar tersebut dapat dukungan dari semua pihak agar cepat terwujud.


"Mudahan usaha ini mendapat dukungan dari semua pihak, karena kalau untuk kemajuan Islam Allah akan membantu dari mana saja," harapnya.

 

Kontributor: Anastas Khumaini, Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile