Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Setahun ke Depan, PMII Kota Pariaman Tuntaskan Pendirian Komisariat

Setahun ke Depan, PMII Kota Pariaman Tuntaskan Pendirian Komisariat
Penyerahan pataka PMII dari Ketua PC PMII demisioner Khairul Rianda kepada ketua terpilih Riton Andika. (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)
Penyerahan pataka PMII dari Ketua PC PMII demisioner Khairul Rianda kepada ketua terpilih Riton Andika. (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)
Pariaman, NU Online
Rito Andika, mahasiswa semester 7 Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman terpilih menjadi Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kota Pariaman, Sumatera Barat periode 2020-2021. Rito berhasil meraih 14 suara mengalahkan pesaingnya Hariyanto yang hanya meraih 7 suara.
 
Ia terpilih pada Konferensi Cabang (Konfercab) PMII Kota Pariaman yang berlangsung Sabtu (28/11) hingga Ahad (29/11) dini hari di sekretariat PCNU setempat. Usai terpilih, Rito Andika mengatakan, dirinya siap membesarkan dan mengibarkan kembali eksistensi PMII di Kota Pariaman. 
 
"Bagaimana memperkenalkan PMII di pemerintahan Kota Pariaman dan masyarakat. Kondisi wabah pandemi Covid-19, banyak agenda PMII terpaksa tidak bisa dijalankan. Mudah-mudahan tahun depan PMII Kota Pariaman kembali menggelar berbagai kegiatan dalam penguatan kader PMII," kata Wakil Kepala Komunitas Peduli Yatim Kota Pariaman ini.
 
Dirinya menyebut, agenda yang paling didahulukan adalah ekspansi kepengurusan PMII di tingkatan komisariat. Pasalnya, sampai saat ini ada beberapa pengurus komisariat yang masih belum terbentuk.
 
"Yang mendesak dalam waktu dekat pembentukan 2 pengurus komisariat (PK) di kampus Institut Agama Islam (IAI) Sumbar di Pariaman dan STIA BNM. Keduanya sudah layak dijadikan PK karena sudah ada kader yang mengikuti Mapaba. Sedangkan di kampus STIKES Piala Sakti juga sedang dijajaki untuk pembentukan PK-nya," tutur alumni Pesantren Surau Batu Gadur, Padang Pariaman ini.
 
Ketua PC PMII Kota Pariaman demisioner Khairul Rianda mengharapkan pengurus terpilih lebih fokus mengurus dan mengembangkan PMII Kota Pariaman ke depan. "Insyaallah pengurus baru ini bisa membawa PMII Kota Pariaman lebih baik dari sebelumnya. Agenda organisasi yang terbengkalai dan tertunda, segera dilakukan pengurus baru ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Sumatera Barat Rodi Indra Saputra saat membuka Konfercab menegaskan, PMII Kota Pariaman harus fokus pada program kaderisasi. Kaderisasi sangat penting bagi PMII ke depan. Kaderisasi yang terukur, jelas dan berjenjang merupakan hal penting dalam pengembangan PMII. Karena itu, pengurus terpilih tidak ada pilihan lain selain harus menyelenggarakan kaderisasi secara terprogram.
 
Usai pemilihan ketua PC PMII Kota Pariaman, langsung penyerahan pataka PMII dari Ketua PC PMII demisioner Khairul Rianda kepada ketua terpilih Riton Andika.
 
Juga ditetapkan tim formatur penyusunan kepengurusan lengkap PC PMII Kota Pariaman. Tim formatur terdiri dari ketua terpilih Rito Andika, Khairul Rianda (ketua demisioner), Harianto (pesaing ketua terpilih), Robby (Ketua PK STIT SB) dan Nihil Khaira (Ketua PK STIE Sumbar). Konfercab PMII Kota Pariaman ditutup Ketua Kopri PMII Sumbar Rizka Adilla.
 
Kontributor: Armaidi Tanjung
Editor: Syamsul Arifin
Posisi Bawah | Youtube NU Online