Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Ikhtiar 'Langit dan Bumi' NU Pringsewu Hadapi Covid-19

Ikhtiar 'Langit dan Bumi' NU Pringsewu Hadapi Covid-19
Tim Satgas NU Peduli Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Tim Satgas NU Peduli Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini cenderung terus mengalami peningkatan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung terus melakukan berbagai macam ikhtiar. Bukan hanya ikhtiar 'langit' dengan doa, namun juga ikhtiar 'bumi' dengan aksi memutus mata rantai dan dampak Covid-19 di masyarakat.


Ikhtiar 'langit' di antaranya dengan terus mengimbau umat Islam khususnya pengurus dan warga NU untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. PCNU Pringsewu mengeluarkan imbauan pada warga NU untuk melaksanakan qunut nazilah di tengah meningkatnya korban dan positif Covid-19, .


"Kita imbau melakukan qunut nazilah di setiap shalat lima waktu. Kami sudah sampaikan imbauannya sekaligus panduan-panduan ibadahnya," kata Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu KH Taufik Qurrahim, Ahad (29/11).

NU Pringsewu juga mengajak warga NU untuk senantiasa menyertakan doa tolak bala dan Shalawat Thibbil Qulub dalam setiap doa serta merutinkan zikir, shalawat serta ijazah-ijazah bacaan amalan-amalan serta hizib dari para ulama.


"Sebagai tradisi yang baik dan perlu dilestarikan kita juga mengimbau agar warga NU melantunkan puji-pujian 'Li Khamsatun' dan Shalawat 'Thibbil Qulub' di masjid dan mushala," tambahnya.


Bukan hanya itu, PCNU Pringsewu beserta Banom dan lembaganya juga terus aktif mengingatkan warga masyarakat agar tidak lelah dan tidak menyerah dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.


"Kita imbau masyarakat melalui berbagai media yang saat ini efektif untuk dijadikan saluran informasi, baik dalam bentuk imbauan tertulis maupun bentuk video audio visual," tambahnya.

Foto: Penyaluran logistik dampak Covid-19

 

Adapun ikhtiar 'bumi' yang dilakukan oleh NU Pringsewu adalah dengan berbagai aksi sosial dalam memutus dan mengurangi dampak Covid khususnya di bidang kesehatan dan ekonomi. Beberapa hari lalu, melalui Satuan Tugas NU Peduli Covid-19 telah menyalurkan bantuan logistik bagi para keluarga yang melakukan isolasi mandiri akibat Covid-19.


"Kita sudah melakukan penyemprotan dan penyaluran logistik berupa beras dan kebutuhan pangan untuk warga yang positif Covid-19 di Kecamatan Pringsewu dan Pardasuka," kata Ketua Satgas, H Aqil Marsudi kepada NU Online.


Dalam suasana sulit saat ini, Marsudi mengajak masyarakat untuk tidak kendor dalam kepedulian kepada warga yang terdampak. Mau tidak mau sektor ekonomi akan terdampak sehingga butuh kedermawanan orang-orang yang mampu untuk membantu warga ekonomi lemah.


Cukuplah daerah-daerah yang sudah menjadi zona merah dan hitam menjadi contoh agar Pringsewu tidak mengikutinya. Dengan kerjasama seluruh elemen masyarakat dan komitmen hidup sehat dalam segala aktivitas serta senantiasa berdoa, ia optimis Corona akan dapat dihentikan penyebarannya.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aryudi AR

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya