Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Menkes Apresiasi Dokter NU Bantu Kendalikan Covid-19

Menkes Apresiasi Dokter NU Bantu Kendalikan Covid-19
Dokter NU turut mengedukasi masyarakat terkait pencegahan Covid-19. (Foto: PDNU)
Dokter NU turut mengedukasi masyarakat terkait pencegahan Covid-19. (Foto: PDNU)

Jakarta, NU Online
Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengapresiasi kerja-kerja sosial Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) selama masa Pandemi Covid-19. Menkes berterimakasih karena peran masyarakat selama masa kebiasaan baru (new normal) sangat produktif membantu pemerintah. 

 

"Atas nama Kementerian Kesehatan RI saya mengapresiasi setinggi-tingginya dan berterimakasih kepada PDNU yang telah berperan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan kesehatan di Indonesia juga turut berperan dalam penanganan Covid-19," kata Menkes Terawan saat menghadiri kegiatan Rakernas PDNU pekan kemarin. 

 

Ia menuturkan, NU berperan aktif mengkampanyekan protokol kesehatan sekaligus memantau bagaimana laju disiplin masyarakat selama masa Pandemi Covid-19. Dia optimis apa yang dikerjakan PDNU mendapatkan balasan yang setimpal baik apresiasi dari warga maupun balasan dari Allah SWT. 

 

Selanjutnya, tantangan sektor kesehatan saat ini adalah pengobatan definitif terkait Covid-19 yang menyebabkan dapat memperpanjang masa pandemi. Semuanya termasuk negara harus siap dengan keseimbangan baru pada kehidupan masyarakat.

 

"Pemerintah telah menerbitkan berbagai regulasi protokol, pedoman dan media untuk menjadi panduan bagi pelaksanaan kegiatan dan upaya pencegahan penularan Covid-19," tuturnya. 

 

Apa yang disampaikan Menkes ini sejalan dengan kasus baru angka terkonfirmasi Covid-19 di Indoenesia yang semakin hari semakin meningkat. Masyarakat yang terpapar virus corona per Selasa kemarin bertambah lebih dari 5.000 orang. 

 

Berdasarkan data yang dihimpun, penambahan itu menyebabkan jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 543.975 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020. 

 

Atas problem ini, masyarakat diminta untuk ikut terlibat penuh menekan angka Covid-19 dengan berdisiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, tidak diperkenankan melakukan aktivitas yang berpotensi menyebarkan Covid-19 kepada masyarakat lain. Kuncinya dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga pola hidup sehat. Ini pun yang selama ini dilakukan secara intensif oleh PDNU di berbagai daerah terutama di Jawa Timur.

 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online