Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Hindari Kotak Amal untuk Terorisme, NU Pringsewu: Masukkan ke Kotak Koin NU Saja

Hindari Kotak Amal untuk Terorisme, NU Pringsewu: Masukkan ke Kotak Koin NU Saja
Kotak Koin Fondasi Akhirat LAZISNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Kotak Koin Fondasi Akhirat LAZISNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Terungkapnya modus kelompok terorisme yang menggunakan uang kotak amal untuk pembiayaan kelompoknya harus menjadi perhatian dan kehati-hatian masyarakat. Dalam menyalurkan dana amalnya, masyarakat harus tahu siapa yang menerima dan diperuntukkan untuk apa dana yang diberikan.


“Kotak amal sekarang banyak beredar. Masyarakat harus paham lembaga penggalang dana, sepak terjangnya, dan hasil manfaat yang didapat masyarakat dari lembaga tersebut,” kata H Munawir Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung, Jumat (11/12).


Jika masyarakat tidak hati-hati dan asal saja dalam memasukkan donasinya ke kotak amal, maka bukannya kemaslahatan yang timbul dari amal tersebut, malah akan mendatangkan mudlarat.  Ketidakpedulian berdonasi ke kotak amal yang banyak tersebar di berbagai tempat seperti warung, toko, dan mall ini, sama saja membantu aksi kejahatan terorisme.


“Walaupun amalnya hanya uang koin atau kembalian dari beli di toko. Itu kalau dikumpulkan dari orang banyak akan menjadi dana yang besar. Maka sebelum memasukkan, lihat dulu identitas kotaknya. Kalau nggak kenal, tunda dulu. Cari lembaga yang kenal,” ia mengingatkan masyarakat.


Menurutnya, Lebih maslahat dan membawa manfaat jika dana amal yang dimiliki masyarakat disalurkan ke lembaga atau kotak amal yang memiliki izin dari pemerintah. Di antara lembaga tersebut adalah Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang secara yuridis-formal dikukuhkan oleh SK Menteri Agama No. 65/2005.


Jaringan pelayanan dan pengelolaan LAZISNU saat ini sudah juga sudah ada di 12 negara, di 34 provinsi, dan 376 kabupaten/kota di Indonesia termasuk di Kabupaten Pringsewu. Untuk di Pringsewu, LAZISNU sudah memiliki program menghimpun dana sosial masyarakat melalui kotak koin NU.


“Jadi biar jelas dan berkah, kalau mau bersedekah atau beramal, masukkan ke kotak koin NU saja. Yakin akan bermanfaat,” tegasnya.


Koin NU sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat

Manajer Eksekutif NU Care-LAZISNU Kabupaten Pringsewu, Lampung Kabul Muliarto mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan ribuan Kotak Koin NU di desa dan kelurahan di kecamatan yang ada di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini. Koin tersebut merupakan upaya NU Care-LAZISNU memasyarakatkan budaya sedekah.


"Kotak Koin yang kita namai Koin Fondasi Akhirat ini juga merupakan upaya memaksimalkan potensi sedekah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," katanya.


Sedekah yang dikumpulkan dialokasikan untuk kemaslahatan masyarakat di bidang kesehatan, sosial, penanganan bencana, keagamaan.


"Dengan koin sedekah tersebut, LAZISNU memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat di dokter dan klinik yang mengikuti program jalin kesehatan. LAZISNU juga sudah memiliki kendaraan ambulans yang bisa digunakan gratis bagi masyarakat yang membutuhkannya," jelas Kabul.


LAZISNU Pringsewu juga terus bergerak membentuk kepengurusan di seluruh desa dalam penyebaran kotak koin. Selain melalui kotak koin, LAZISNU Pringsewu juga sudah meluncurkan program maksimalisasi potensi ZIS yakni dengan kotak infak warung yang dikelola oleh LAZISNU kecamatan dan program NUtrizsi kabupaten.


"NUtrizsi adalah akronim dari NU, Tri (tiga) ZSI (Zakat Sedekah Infak). Ini diperuntukkan bagi para donatur dan aghniya (orang kaya) yang menyalurkan ZIS nya langsung ke LAZISNU," terangnya.


Bagi masyarkat luas yang ingin berzakat dan berdonasi ke NU Care-LAZISNU Pringsewu juga bisa menyalurkannya melalui rekening berikut: Rekening Zakat 035801016988536 (BRI) dan 0792171586 (BNI Syariah). Rekening Infak 035801016989532 (BRI) dan 0791720380 (BNI Syariah), Rekening ZIS 901.04.00001 (BMT NU Pringsewu) an.LAZISNU Kabupaten Pringsewu.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online