Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pengurus MUI Pusat Dilantik, KH Miftachul Akhyar: Alhamdulillah Tsumma Innalillah

Pengurus MUI Pusat Dilantik, KH Miftachul Akhyar: Alhamdulillah Tsumma Innalillah
Ketua Umum MUI Pusat, KH Miftachul Akhyar. (Foto: mui.or.id)
Ketua Umum MUI Pusat, KH Miftachul Akhyar. (Foto: mui.or.id)

Jakarta, NU Online

Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat telah resmi dilantik, Kamis (24/12) pagi di Jakarta Selatan. Ketua Umum MUI Pusat KH Miftachul Akhyar memimpin langsung pembacaan ikrar Pengurus MUI Pusat masa khidmat 2020-2025. 


Sebelum membacakan ikrar, Kiai Miftachul Akhyar memberikan sambutan dan diawali dengan kalimat alhamdulillah tsumma innalillah. Mensyukuri nikmat Allah sekaligus berduka cita karena menerima amanat yang besar.


Alhamdulillah tsumma innalillah. Kita hari ini resmi menjadi bagian kepemimpinan MUI masa khidmat 2020-2025. Amanat yang besar ini adalah perwakilan dari berbagai ormas Islam yang ada di MUI,” kata Kiai Miftah.


“Tentu mereka (Pengurus MUI) adalah kader terbaik yang diharapkan menghasilkan produk terbaik. Bukan hanya bermaslahat dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia, tapi juga bagi dunia,” sambung kiai yang juga sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini.


Setelah menyampaikan itu, Kiai Miftah kemudian memimpin pembacaan ikrar yang setelahnya diikuti oleh para pengurus MUI yang lain. Baik yang hadir secara langsung maupun melalui daring. 


Semua pengurus dari berbagai komisi akhirnya dilantik. Di antaranya Komisi Fatwa,  Komisi Ukhuwah Islamiyah, Komisi Dakwah, Komisi Pendidikan dan Kaderisasi, Komisi Pengkajian dan Penelitian, Komisi Hukum dan HAM, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga, Komisi Informasi dan Komunikasi, Komisi Kerukunan antar Umat Beragama, Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional.


Pengurus MUI tersebut rerata merupakan perwakilan dari berbagai ormas Islam di Indonesia. Sebab MUI menjadi wadah musyawarah ormas Islam yang kini jumlah mencapai sekitar 70 di Indonesia. 


Peserta yang hadir di lokasi sekitar 120 orang terdiri dari Dewan Pimpinan Harian MUI Pusat, ketua bidang, wakil sekretaris bidang, ketua dan sekretaris komisi di MUI, serta perwakilan Pimpinan Dewan Pertimbangan MUI. Sedangkan peserta yang hadir melalui daring sekitar 250 orang.


Selain itu hadir juga Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama H Zainut Tauhid Sa’adi, dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat KH Ma’ruf Amin.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

Posisi Bawah | Youtube NU Online