Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Prioritas Program, Banser Demak Asah Kemampuan Satuan Khusus  

Prioritas Program, Banser Demak Asah Kemampuan Satuan Khusus  
Rakor Banser Demak persiapan program 2021 (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Rakor Banser Demak persiapan program 2021 (Foto: NU Online/Samsul Huda)

​​​​​Demak, NU Online  
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Demak dalam tahun 2021 memprioritaskan program peningkatan kapasitas dan kemampuan anggotanya yang ditugaskan di satuan-satuan khusus (satsus).

 

Kepala Satkorcab Banser Demak Teguh Ali Irfan mengatakan, peningkatan kualitas kemampuan satsus melalui program yang akan direalisasikan pada tahun 2021 ini merupakan bagian dari desain penataan organisasi Banser Demak yang sudah disusun sejak tiga tahun lalu.

 

"Langkah ini sudah disiapkan secara matang. Dalam menata organisasi Banser kami membagi dalam beberapa tahapan," kata Teguh saat menyampaikan paparan dalam Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) III Banser Demak di kediaman Ketua PC GP Ansor Demak, Nurul Muttaqin di Bulusari Sayung Demak, Kamis (31/12).

 

Disampaikan, dalam tahun pertama pengabdiannya sebagai Kasatkorcab Banser  Demak (2018) dirinya memprioritaskan program konsolidasi wawasan, visi, dan misi Banser Demak sehingga berhasil mereposisi seluruh anggota Banser dalam satu barisan dan satu komando.

 

"Pada tahun kedua (2019) meningkatkan kuantitas anggota melalui program rekrutmen secara masif, sehingga dalam satu tahun pada tahun kedua pengabdian  bisa diselenggarakan 19 kali  program pendidikan dan latihan (diklat)," ucapnya. 

 

Kepada NU Online, Jumat (1/1) Teguh mengatakan, saat ini jumlah anggota Banser di Demak mencapai 12 ribu personel. Dia menambahkan, pada tahun ketiga (2020) meningkatan kualitas anggota melalui beberapa kegiatan diklat dan membentuk satuan-satuan khusus (satsus ).

 

"Melalui satsus inilah setiap anggota dibekali dengan kemampuan spesialiasi  atau keahlian khusus yang sangat dibutuhkan oleh organisasi dan masyarakat," ungkapnya. 

 

Saat ini ujarnya, ada delapan satuan khusus di lingkungan Satkorcab Banser Kabupaten Demak, antara lain Bagana, Balantas, Basada, Baritim, Provost, Baanar, dan Protokoler.

 

Dikatakan, dalam tahun 2021 (tahun ke empat) program Banser dititikberatkan pada peningkatan peranan satsus melalui Biro Rendiklat dibantu oleh biro dan satuan khusus lainnya. 

 

"Melalui Rakorcab III Banser Demak akan menyusun program peningkatan kualitas  konsolidasi dan penataan organisasi sehingga struktur dan, elemen-elemen yang berada di Satkorcab Banser Demak semakin solid," pungkasnya.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Demak Nurul Muttaqin mengatakan, dengan semakin tertatanya organisasi Banser akan tertata pula satuan-satuan dan personil, diharapkan Banser memiliki berbagai kamampuan khusus.

 

"Dengan demikian tercipta kader-kader Banser yang profesional, militan, ikhlas, dan mampu menyampaikan amanah organisasi serta mewujudkan tujuan organisasi," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz
 

Posisi Bawah | Youtube NU Online