Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Dampak dari Program SISNU Jateng, Ranting NU se-Blora Aktif 

Dampak dari Program SISNU Jateng, Ranting NU se-Blora Aktif 
Evaluasi kinerja, PCNU Blora glar Rakorcab (Foto: PCNU Blora)
Evaluasi kinerja, PCNU Blora glar Rakorcab (Foto: PCNU Blora)

Blora, NU Online  

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Blora, Jawa Tengah berhasil melakukan konsolidasi penataan pengurus ranting NU untuk mendukung realisasi program kerja. Hingga akhir tahun 2020 pengurus ranting yang sudah ber-SK mencapai 80 persen, sedang 20 % lainnya dalam proses SK.

 

Ketua PCNU Blora HM Fatah mengatakan, dengan dukungan perangkat organisasi yang ada, PCNU Blora berhasil melakukan konsolidasi kegiatan pendataan potensi warga melalui program Sistem Informasi Strategis Nahdlatul Ulama (SISNU) dan penataan pengurus ranting.

 

"Selain itu amanat konferensi di berbagai bidang, di antaranya pertanian organik, kotak koin LAZISNU dan pengkaderan juga berhasil direalisasikan," kata Fattah. 

 

Dalam Rakorcab yang digelar di Gedung Serba Guna Blora, Kamis (31/12) pihaknya menyampaikan paparan kinerja organisasi di hadapan  17 MWC NU se-Kabupaten Blora.

 

Disampaikan, program yang direalisasikan itu berhasil menyentuh dan menggerakkan roda organisasi hingga di tingkat ranting. Dari evaluasi yang dilakukan diketahui bahwa ranting yang sudah tertata organisasinya dan ber-SK mencapai 80 persen.

 

"Adapun kinerja yang disampaikan, antara lain program/kegiatan penataan kelembagaan organisasi hingga ke tingkat ranting, SISNU, pertanian organik, kotak koin LAZISNU, pengkaderan, dan sebagainya," tuturnya.

 

Dia menambahkan, paparan kinerja menjadi alat ukur harakah dan bahan evaluasi sehingga dapat diketahui posisi NU Blora. Tegasnya,sampai di mana sekarang NU Blora berada.

 

"Dari sini tersaji bahan evaluasi yang nantinya dapat dijadikan materi dan muatan rekomendasi yang akan disampaikan di forum  musyawarah kerja cabang (Muskercab) yang akan datang," jelasnya.

 

Rais PCNU Blora KH Ma'shum Fathoni kepada NU Online, Sabtu (2/1) mnyampaikan, Rakorcab NU akhir tahun 2020 merupakan forum untuk menyampaikan kinerja PCNU selama satu tahun. 

 

Dari sini semuanya bisa diketahui program yang telah dijalankan dan yang belum. Program yang telah dijalankan semoga bisa ditingkatkan dan lebih bernanfaat.

 

"Sedang yang belum, semoga Allah SWT memberi kekuatan kepada PCNU Blora agar dapat menjalankannya. Program-program yang berkaitan dengan diniyah, pengkaderan, dan kemandirian hendaknya diprioritaskan realisasinya," ujar Pengasuh Pesantren Masya'ul Huda Bogorejo, Blora.

 

Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng H Hudallah Ridwan Naim mengapresiasi aganda Rakorcab NU Blora sebagai bentuk pertanggung jawaban PCNU. 

 

Menurutnya, ini langkah bagus sekali dan layak untuk ditiru oleh MWC dan ranting NU setempat. PCNU sudah memberi contoh bagaimana mengelola organisasi dengan tertib dan terukur kinerjanya. 

 

"Karena kinerjanya terukur, maka organisasi akan semakin sehat, sehingga bisa maksimal dalam memberikan pelayanan dan perkhidmatan di semua bidang kepada jamaah," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online