Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Kesugihan Cilacap Miliki Mobil Layanan Kesehatan dari Koin NU

NU Kesugihan Cilacap Miliki Mobil Layanan Kesehatan dari Koin NU
Peluncuran mobil ambulans layanan kesehatan MWCNU Kesugiha Cilacap dari Koin NU. (Foto: LAZISNU Cilacap)
Peluncuran mobil ambulans layanan kesehatan MWCNU Kesugiha Cilacap dari Koin NU. (Foto: LAZISNU Cilacap)

Cilacap, NU Online

NU Care-LAZISNU Cilacap Jawa Tengah meluncurkan satu unit mobil ambulans layanan kesehatan, Ahad (3/1) di Pendopo Kecamatan Kesugihan. Mobil tersebut merupakan hasil dari penggalangan Koin NU di wilayah Kecamatan Kesugihan.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap, H Wasbah Samudra Fawaid dalam rilis yang diterima NU Online, mengatakan pengadaan mobil ambulans NU itu untuk aksi kemanusiaan, seperti kebutuhan masyarakat yang sedang sakit dan perlu berobat ke rumah sakit di daerah Cilacap maupun daerah lainnya. "Selain itu juga membantu penanganan korban bencana alam," ujarnya.

 

Dengan luncurkannya mobil tersebut, saat ini sudah ada dua unit ambulans dari NU Care-LAZISNU di Kabupaten Cilacap. Satu mobil lainnya, akan bertambah dalam waktu dekat ini.


"Meski sudah ada dua unit namun dirasa masih sangat kurang. Kami menargetkan minimal satu kecamatan satu unit mobil ambulans," kata dia.

 

Sementara itu, Divisi Program NU Care-LAZISNU Cilacap Ahmad Fauzi menuturkan, NU Care-LAZISNU diminta untuk menggali potensi-potensi yang ada di Cilacap. Salah satunya menerima penyaluran zakat karena sebagai lembaga zakat, infak, dan sedekah harus membuka diri agar masyarakat Cilacap mempercayakan penyaluran kewajiban ZISN-nya melalui NU Care-LAZISNU untuk seterusnya disalurkan kepada yang berhak.

 

"Kami berharap masyarakat Cilacap bisa memberikan kepercayaan kepada LAZISNU ketika akan menunaikan kewajiban zakat dan lainnya. Zakat, infak, dan sedekah itu nantinya dikelola oleh NU Care-LAZISNU Kabupaten Cilacap. Artinya masyarakat baik petani maupun pedagang dan profesi lainnya mempunyai kewajiban untuk mengeluarkan zakat dan zakat itu bisa dipercayakan kepada LAZISNU," kata dia.

 

 

Pengurus Koin NU Kecamatan Kesugihan, Khuleus Nuri mengaku bersyukur adanya mobil ambulans layanan kesehatan di Kecamatan Kesugihan. Dengan penambahan itu kini pihaknya bisa turut ikut membantu masyarakat dalam hal layanan kesehatan.

 

 

"Syukur alhamdulillah armada ambulans layanan kesehatan sudah ada di Kecamatan Kesugihan. Ini merupakan amanah dari warga NU di Kecamatan Kesugihan," ujar dia.

 

Khuleus Nuri juga mengajak bagi kecamatan lainnya yang belum memiliki mobil ambulans diharapkan segera menyusul agar target minimal satu kecamatan satu unit mobil ambulans terealisasi. "Target idealnya adalah satu kecamatan satu unit mobil ambulans," tandasnya.

 

Tujuan adanya mobil ambulans di masing-masing kecamatan di Cilacap supaya kebutuhan masyarakat bisa terakomodir. Masyarakat yang membutuhkan caranya sangat mudah cukup kontak nomor layanan yang tertera di mobil.
 

Ketua UPZISNU Kesugihan Lukman menuturkan pengurus Koin NU beserta segenap keluarga besar MWCNU Kesugihan terus massif dalam aksi kemanusiaan, khususnya dalam bidang kesehatan.

 


Hadir pada acara tersebut pemerintah Kecamatan Kesugihan, pengurus MWCNU Kesugihan, Pengurus Ranting NU se-Kecamatan Kesugihan, Lembaga dan Badan Otonom MWCNU Kesugihan, Sekretaris PCNU Cilacap dan pengurus NU Care-LAZISNU Cilacap.

 

Peluncuran ditandai dengan pemotongan pita oleh Camat Kesugihan sembari mengucapkan selamat dan menyambut baik program tersebut. Menurutnya NU bisa semakin mandiri semakin bersama-sama bergerak untuk kemaslahatan umat.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online