Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Didukung Anggota DPR, Banser Bojonegoro Perbaiki Rumah Janda Lansia

Didukung Anggota DPR, Banser Bojonegoro Perbaiki Rumah Janda Lansia
Para anggota Banser Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, bersiap memperbaiki rumah janda lanjut usia (lansia). (Foto: Dok. Banser Kedungadem)
Para anggota Banser Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, bersiap memperbaiki rumah janda lanjut usia (lansia). (Foto: Dok. Banser Kedungadem)

Bojonegoro, NU Online
Semangat Banser (Barisan Ansor Serbaguna) tidak hanya menjaga ulama dan NKRI. Namun, juga peduli terhadap lingkungan sekitar. Seperti yang ditunjukkan anggota Banser di Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, yang memperbaiki rumah janda lanjut usia (lansia).


Perbaikan rumah di Desa Ngrandu, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur, dilakukan terhadap rumah tidak layak huni yang ditempati Lamijah dan Laminah, atas dukungan material dari anggota DPR RI Dapil IX Bojonegoro-Tuban, Farida Hidayati yang biasa dikenal Mbak FH.


Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bojonegoro Mustakim menuturkan, puluhan Banser Kedungadem melakukan bakti sosial dengan memperbaiki rumah janda lansia. Sekaligus kegiatan ini bentuk nyata kemanusiaan Banser terhadap masyarakat yang membutuhkan.


"Tukang dan seluruh tenaga kerja adalah sukarelawan dari Banser Kedungadem," terangnya didampingi Satkoryon Banser Kedungadem, Sunardi, di sela perbaikan rumah, Ahad (3/1).



Mustakim mengungkapkan, kegiatan bakti sosial seperti ini sudah rutin yang biasa dilakukan oleh Banser di wilayah Bojonegoro. Pasalnya, Banser di Kabupaten Bojonegoro tersebar di seluruh pelosok desa, sehingga kepedulian nyata dilakukan dengan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.


Sunardi menambahkan, melalui bakti sosial ini banyak masyarakat mengenal Banser dan Ansor, sekaligus masyarakat mendukung aksi nyata Banser. "Masyarakat sekitar juga memberi dukungan yang luar biasa," imbuhnya.


Sebab Mbah Lamijah dan Mbah Laminah, yang merupakan kakak beradik ini tidak bisa bekerja ke mana-mana. Selain sudah tua dan pengangguran, keduanya menggantungkan hidup dari sumbangan warga sekitar.


Sunardi menargetkan, bedah rumah ini harus tuntas dalam sehari. Hal ini karena, pemilik rumah supaya bisa menempati pada malam harinya. "Seluruh material sudah cukup. Alhamdulillah, dapat dukungan yang luar biasa dari Mbak Farida," pungkasnya.


Tampak seluruh anggota Banser begitu semangat dan antusias mengerjakan perbaikan rumah. Meskipun cuaca begitu panas, personil Banser tetap bekerja dengan mengenakan seragam Banser kebesarannya.


Kontributor: M. Yazid
Editor: Musthofa Asrori


 

Posisi Bawah | Youtube NU Online