Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pelatihan Matematika Maarif NU Siapkan Siswa Tepat Ambil Keputusan

Pelatihan Matematika Maarif NU Siapkan Siswa Tepat Ambil Keputusan
Komitmen LP Ma’arif NU PBNU dalam mengadakan pelatihan online olimpiade Matematika karena Matematika dipandang urgent dan dapat mengarahkan dalam perilaku sehari-hari.
Komitmen LP Ma’arif NU PBNU dalam mengadakan pelatihan online olimpiade Matematika karena Matematika dipandang urgent dan dapat mengarahkan dalam perilaku sehari-hari.

Jakarta, NU Online

Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif PBNU selalu mempersiapkan secara terencana dan massif berbagai pelatihan baik bagi guru maupun untuk siswa, dalam rangka meningkatkan kapasitas guru yang profesional, kreatif, mandiri, dan inovatif. Prestasi-prestasi bukan sesuatu yang mustahil diraih sekolah Ma'arif NU. Apalagi siswa LP Ma’arif NU ada yang mendapatkan juara di ajang Nasional seperti OSN (Olimpiade Sains Nasional).

 

"Akan tetapi tidak diakui oleh pemerintahan setempat karena dianggap bukan representatif dari sekolah negeri," kata Arifin Junaidi pada Pembukaan Pelatihan Olimpiade Online Matematika bagi Guru dan Siwa tingkat SMP/MTs LP Ma'arif NU, Senin (18/1).

 

"LP Ma'arif PBNU memiliki prioritas untuk meningkatkan SDM pada aspek Matematika dan Bahasa Inggris. Komitmen LP Ma’arif NU PBNU dalam mengadakan pelatihan online olimpiade Matematika ini, karena Matematika dipandang urgent dan dapat mengarahkan dalam perilaku sehari-hari," kata dia.

 

Pihaknya menegaskan, pentingnya Matematika dan Bahasa Inggris bukan bermaksud mendeskriditkan pendidikan karakter. Pasalnya di lingkungan NU, pendidikan karakter menjadi core yang sudah dimiliki sejak dini, dari pendidikan keluarga dan pesantren.

 

"Jadi Matematika dipandang sangat penting untuk meningkatkan literasi numerasi yang menjadi bekal sebagai pengetahuan dan kecakapan untuk hidup dengan berbagai macam peluang. Math is the key to offortunity, yang bisa memberikan arah dalam menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan Matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

 

Dengan dasar-dasar Matematika, guru dan siswa dapat menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti grafik, tabel, bagan. Dengan demikian mereka dapat menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online