Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
NU Peduli

Mobil 'Dahar' NU Peduli Distribusikan Makanan untuk Pengungsi Gempa Sulbar

Mobil 'Dahar' NU Peduli Distribusikan Makanan untuk Pengungsi Gempa Sulbar
Mobil Dahar ini akan dipergunakan untuk melayani warga sekitar posko induk, yang kesulitan dalam memenuhi makan sehari-harinya. (Foto: Sofyan)
Mobil Dahar ini akan dipergunakan untuk melayani warga sekitar posko induk, yang kesulitan dalam memenuhi makan sehari-harinya. (Foto: Sofyan)

Mamuju, NU Online
Untuk membantu mencukupi kebutuhan pangan warga terdampak gempa bumi di Maju di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) NU Care-LAZISNU menurunkan mobil Dahar (Dapur Halal Berjalan).

 

Wakil Ketua NU Care-LAZISNU, Muhammad Wahib Selasa (19/1) malam mengatakan Mobil Dahar ini akan dipergunakan untuk melayani warga sekitar posko induk, yang kesulitan dalam memenuhi makan sehari-harinya.

 

"Ke depannya Mobil Dahar akan berangkat juga ke pokso yang ada di Majene," ujarnya.

 

Koordinator Tim NU Peduli itu juga menerangkan, Mobil Dahar diberangkatkan pada Senin (18/1) malam dari Kota Palu Sulawesi Tengah, dan tiba di Mamuju Selasa sore.


"Kami berangkat dari Palu menggunakan Mobil Dahar habis Mahrib, dan alhamdulillah tiba di sini jam 16.30 WITA, tanpa ada kendala apapun selama di perjalanan," imbuh driver Mobil Dahar, Jefri.

 

Selain mendistribusikan makanan, Tim NU Peduli juga terus melakukan pelayanan kesehatan untuk warga sekitar Posko NU Peduli di Mamuju.

 

"Warga berdatangan untuk mengecek kesehatan mereka," tutur Wahib. 

 

Sebelumnya, Tim NU Peduli telah memberi layanan kesehatan untuk warga di Majene, tepatnya di posko pengungsian yang ditempatkan di lapangan sepakbola Desa Sulai, Kecamatan Ulumanda, Majene. Tim NU Peduli terus berkoordinasi dengan BNPB untuk dapat membantu warga terdampak gempa bumi, dan memberikan laporan kepada publik.

 


BNPB mencatat Tim NU Peduli telah bergerak di empat titik posko, mengirimkan 100 Banser, dan mendirikan dapur umum. Laporan per Senin (18/01), dari gempa bumi di Sulbar terdapat 84 korban jiwa, 253 orang luka berat, 679 orang luka ringan, dan 19.435 orang berada di pengungsian, dengan total warga terdampak 20.448 jiwa.

 

Layanan mobil Dahar merupakan salah satu upaya NU Peduli untuk membantu warga terdampak bencana alam. NU Peduli adalah gabungan dari relawan dari lembaga dan banom NU seperti NU Care-LAZISNU, LPBINU, LKNU, Ansor-Banser, dan lembaga banon NU lainnya.

 

Masyarakat dapat pula menyalurkan bantuan untuk warga terdampak bencana alam. Penggalangan bantuan dilakukan NU Care-LAZISNU melalui NU Care Peduli Bencana di Indonesia.

 


Kontributor: Ahmad Sofyan
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online