Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Papua Terima Kunjungan Panglima Kodam XVII

NU Papua Terima Kunjungan Panglima Kodam XVII
Kunjungan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono ke PWNU Papua, Kamis (21/1). (Foto: Joko Prayitno)
Kunjungan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono ke PWNU Papua, Kamis (21/1). (Foto: Joko Prayitno)

Jayapura, NU Online

Dakwah Islam rahmah yang dilakukan oleh Nahdlatul Ulama terus berjalan dan bersinergi dengan komponen anak bangsa lainnya. Tak terkecuali Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Papua.

 

Awal tahun 2021, PWNU Papua menerima kunjungan dari Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kamis (21/2). Didampingi beberapa personel di antaranya Aster, Asintel, Kabintal, Kapendam, Dandim 1701 mereka disambut di Kantor PWNU Papua Jl Percetakan No 126 Kota Jayapura.

 

Kedatangan rombongan disambut oleh Ketua PWNU Papua H Toni Wanggai, didampingi oleh Gus Adib Fuad, Pengasuh Pesantren Majelis Kimyatussa’adah Depok dan Papua, Ketua PCNU Kota Jayapura KH Muhammad Syaiful, Ketua LP Ma’arif NU Provinsi Papua Kiai Rasyid Tumenggung Mayang, Ketua LTN NU Papua Joko Prayitno, Bendahara PCNU Kabupaten Jayapura sekaligus pengusaha muda NU H Supardi, dan Kepala Sekretariat PWNU Papua H Suyono.

 

H Toni Wanggai menguraikan peran Nahdlatul Ulama sejak masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. "Hingga saat ini dalam mengawal pembangunan dan menjaga NKRI bersama elemen bangsa lainnya," tuturnya.

 

Ia juga menjelaskan kiprah serta upaya PWNU Papua yang bersinergi bersama tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat. Antara lain melalui kajian-kajian strategis yang dilakukan yakni dialog interaktif bersama TNI dan Polri serta tokoh agama. Juga upaya menciptakan suasana aman dan damai menjelang Natal dan tahun baru 2020, giat hari damai sedunia, serta kajian rutin manaqiban yang diikuti kultural dan struktural NU Papua.

 

Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan maksud kunjungannya. Jenderal Yogo sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kedatangannya sebagai awal silaturahim di hari ke-17 ia menjabat sebagai Panglima Kodam di Papua sekaligus 'Kulonuwun' (permisi) kepada para tokoh agama. Ia berharap dapat bersinergi melaksanakan tugas negara dalam mewujudkan suasana kondusif di Papua agar semua angenda pembangunan nasional boleh berjalan aman dan lancar sesuai harapan.

 

Pertemuan tersebut diakhiri dengan saling menyerahkan cinderamata dan foto bersama sebagai ungkapan persahabatan dan penyerahan bantuan sembako dari Kodam XVII/Cenderawasih kepada PWNU Papua.

 

Kontributor: Joko Prayitno
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online