Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sambut Harlah ke-95, NU Melawi Galang Dana Bagi Korban Bencana di Kalsel

Sambut Harlah ke-95, NU Melawi Galang Dana Bagi Korban Bencana di Kalsel
Para pelajar Nahdlatul Ulama (NU) Melawi saat melakukan penggalangan dana untuk korban bencana (dok)
Para pelajar Nahdlatul Ulama (NU) Melawi saat melakukan penggalangan dana untuk korban bencana (dok)

Melawi, NU Online

Pelajar Islam Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat yang tergabung dalam Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Melawi menunjukkan empati dan kepedulian sosial mereka dengan mengikuti penggalangan dana untuk korban bencana alam yang saat ini tengah melanda sebagian wilayah Indonesia. 

 

Kepada NU Online Kamis (21/1), Koordinator Aksi Peduli Bencana Nety Nurhayati menuturkan, kegiatan penggalangan dana juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan badan otonom (Banom) NU Melawi dalam menyambut hari lahir (Harlah) NU yang ke-95. 

 

"NU peduli saudara sebangsa di Mamuju Sulawesi Barat, Sumedang Jawa Barat, Tanah Laut Kalimantan Selatan dan Bengkayang serta Landak Kalimantan Barat yang tengah dilanda musibah," ujarnya.

 

Disampaikan, gerakan galang donasi dengan meibatkan anak-anak muda NU sebagai upaya peduli kepada sesama sekaligus peringati Harlah ke-95 NU di Melawi, Kalimantan Barat.

 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan bersama antara NU dengan banom dalam menyambut Harlah ke-95 NU. Setelah kemarin diawali dengan kegiatan Ruqyah Aswaja Massal, kemudian dilanjutkan dengan aksi penggalangan dana Peduli Bencana,” paparnya.

 

Untuk mengoptimalkan aksi sosial tersebut, Nety menerangkan kegiatan penggalangan dana dibagi menjadi dua sesi, yakni pagi dan sore. "Pagi oleh  PMII dan Barisan Ansor Serbanguna (Banser) dan sore oleh adik-adik IPNU dan IPPNU," ujarnya.

 

Dana yang terkumpul, lanjut dia nantinya akan disalurkan kepada Satgas NU Melawi Peduli Bencana untuk kemudian didistribusikan ke wilayah yang terkena bencana alam. 

 

"Semoga kegiatan ini memberikan hasil yang layak agar segera bisa membantu meringankan korban yang terdampak bencana," harapnya.

 

Ketua IPPNU Melawi Isna Martaliya menambahkan, dirinya sengaja melibatkan organisasinya untuk membentuk karakter pelajar NU yang peka terhadap kondisi masyarakat. Selain itu, juga bertekad untuk menyukseskan rangkaian Harlah ke-95 NU. 

 

“Sebagai pelajar NU kami juga ingin menanamkan karakter peduli terhadap sesama. Jadi kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian IPNU-IPPNU Melawi kepada sesama rakyat Indonesia yang menjadi korban bencana alam. Juga sebagai momen bagi kami, pelajar NU untuk memperlihatkan dan mengekspresikan bagaimana kiprah dan khidmah NU di tengah masyarakat," ucapnya.

 

Isna juga berharap, bantuan yang mungkin tak seberapa itu dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga meringankan masyarakat yang sedang dilanda musibah bencana alam. 

 

“Semoga aksi kami yang sederhana ini bisa menjadi bagian dari khidmah NU untuk masyarakat dan bangsa ini,” doanya.  

 

Kontributor: Sukarno, Ahmad Rifqi Hidayat

Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online