Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
GEMPA SULBAR

NU Peduli Sulbar Salurkan Alat Kesehatan dari BPTD Kepri

NU Peduli Sulbar Salurkan Alat Kesehatan dari BPTD Kepri
Bantuan alat kesehatan dari BPTD Riau-Kepri sebagai dukungan bagi NU Peduli yang tengah berupaya membantu masyarakat terdampak gempa, sekaligus agar tercegah dari penyebaran wabah Covid-19. (Foto: Ahmad Sofyan)
Bantuan alat kesehatan dari BPTD Riau-Kepri sebagai dukungan bagi NU Peduli yang tengah berupaya membantu masyarakat terdampak gempa, sekaligus agar tercegah dari penyebaran wabah Covid-19. (Foto: Ahmad Sofyan)

Mamuju, NU Online

Posko NU Peduli Sulawesi Barat menerima kunjungan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau-Kepri, Ajie Panatagama, Kamis (21/1). Kedatangan Ajie ke Posko NU Peduli yaitu untuk memberikan bantuan alat kesehatan berupa hand sanitizer dan masker.

 

Bantuan ini sebagai dukungan bagi NU Peduli yang tengah berupaya membantu masyarakat terdampak gempa, sekaligus agar tercegah dari penyebaran wabah Covid-19.

 

"Kami sudah memberikan bantuan paket dari Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Kementerian Perhubungan Darat, yaitu (bantuan) berupa alat kesehatan hand sanitizer, masker, dan lain sebagainya. Itu kami berikan kepada Posko NU Peduli," kata Ajie, usai menyerahkan bantuan secara langsung di Posko NU Peduli di Mamuju, Sulbar.


Ketua PWNU Sulbar, Adnan Nota mengatakan akan menggunakan bantuan tersebut dengan maksimal. NU Peduli, kata Adnan, memiliki dokter dan tim asesmen. Karenanya, NU Peduli akan sesegera mungkin membagikan bantuan tersebut kepada masyarakat dan relawan yang turun ke lapangan.

 

Diberitakan sebelumnya, para relawan NU Peduli pun pada Rabu (20/01) malam telah melakukan swab antigen atau rapid test antigen. Hal ini sebagai ikhtiar untuk pencegahan penularan wabah Covid-19. Hasil dari Tes tersebut, semua relawan dinyatakan negatif.


"Ini (swab antigen) untuk keamanan bersama dalam protokol Covid-19, di mana kita tidak ingin menularkan virus, terutama ketika kita mendistribusikan makanan maupun ketika menerima para pengungsi atau penyintas ke dalam posko," kata Ketua Satgas NU Peduli Covid-19, dr Muhammad Makky Zamzami, yang turut turun ke Sulbar.

 

Ia bersyukur hasil tes tersebut semua relawan dinyatakan negatif. "Semoga posko ini benar-benar menjaga protokol kesehatan walaupun di tengah pandemi seperti sekarang ini," sambungnya.

 

Selain pemeriksaan kesehatan untuk penyakit-penyakit umum yang mungkin dialami warga di pengungsian, Tim NU Peduli sebelumnya juga memberikan edukasi pencegahan Covid-19 termasuk kepada anak-anak. Dalam video yang dibagikan Tim NU Peduli, para relawan mendatangkan anak-anak. Anak-anak tersebut diajak praktik mencuci tangan yang baik, selalu menggunakan masker, dan menjaga jarak.

 

Layanan di bidang kesehatan menjadi salah satu yang dilakukan NU Peduli. Para relawan yang terdiri dari gabungan lembaga dan banom NU juga menyalurkan bantuan sembako dan mengirimkan air bersih.

 

NU Peduli mengajak masyarakat yang ingin memberikan bantuan bagi warga terdampak bencana Sulbar dan daerah lainnya untuk menyalurkan bantuan berupa dana melalui tautan penggalangan ini.

 

Pewarta: Ahmad Sofyan
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online