Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Arsinu Siap Dampingi Pengurus NU Dirikan Rumah Sakit 

Arsinu Siap Dampingi Pengurus NU Dirikan Rumah Sakit 
Ketua Arsinu dr H Abdul Aziz (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Ketua Arsinu dr H Abdul Aziz (Foto: NU Online/Samsul Huda)

Demak, NU Online

Pengurus Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (Arsinu) siap memberi bantuan pendampingan kepada pengurus NU yang akan mendirikan rumah sakit atau lembaga layanan kesehatan lainnya.

 

Ketua Arsinu yang juga Direktur Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak dr Abdul Azis mengatakan, saat ini sudah ada beberapa pengurus cabang NU di Jawa Tengah dan Jawa Barat yang merintiis pendirian rumah sakit, proses penyiapannya didampingi Arsinu.

 

"Di antaranya sudah ada yang sudah  beroperasi, tahap proses penyiapan perijinan, persiapan opersional dan ada yang baru tahap penjajagan atau perintisan," kata dr Azis kepada NU Online di Demak, Jumat (22/1).

 

Menurutnya, layanan kesehatan yang sudah beroperasi itu adalah RS Amanu Cilacap, RSNU Sumpiyuh Banyumas, dan Klinik Pratama NU Cirebon Jabar. Sedangkan yang masih dalam proses operasional meliputi Klinik NU Limpung Batang dan RSINU Mayong Jepara.

 

"Sedang yang baru tahap perintisan atau penjajagan adalah RSNU yang akan didirikan PWNU Lampung. Selain itu masih ada beberapa pengurus NU di luar Jateng yang berkonsultasi ke Arsinu seraya mengikuti perkembangan atau proses pendirian RSNU yang sedang berjalan di beberapa daerah," ujarnya.

 

Dia menambahkan, hasrat dan semangat untuk mendirikan rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya di kalangan nahdliyin di berbagai daerah sangat tinggi. "Ini sangat menggembirakan sekali, karena untuk menghadirkan institusi lembaga layanan kesehatan apalagi berstatus rumah sakit tidak semudah yang dibayangkan.

 

Namun bayang-bayang kerumitan dan kendala yang akan menghadang atau merintangi terwujudnya idealisme ini mesti harus dihadapi dan diselesaikan sampai tuntas meski harus dengan bekerja keras, dan tentunya doa bersama dengan para kiai tidak boleh terputus," ucapnya.

 

Dikatakan, selain memberikan bantuan pendampingan selama pra operasional rumah sakit, Arsinu juga siap memberikan pendampingan pada awal-awal opersional. "Saat ini Arsinu sedang menyiapkan atau merancang strategi membangun jejaring antar rumah sakit dengan klinik-klinik NU untuk saling menguatkan," tuturnya.

 

Sekretaris PCNU Demak Abdul Hamid merasa gembira dan bersyukur karena RSINU Demak sering dijadikan rujukan untuk belajar dan memulai langkah-langkah persiapan pendirian rumah sakit NU di berbagai daerah.

 

"Kepada manajemen RSINU Demak juga selalu kami tekankan agar tidak cepat berpuas diri, lewat Arsinu RSINU kami harapkan tetap melakukan pembelajaran diri," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online