Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banjir Gunung Mas Puncak, NU Cisarua Berjibaku Bantu Warga

Banjir Gunung Mas Puncak, NU Cisarua Berjibaku Bantu Warga
Anggota Banser bersiap membantu warga di lokasi terdampak banjir dan longsor Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat. (Foto: istimewa)
Anggota Banser bersiap membantu warga di lokasi terdampak banjir dan longsor Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat. (Foto: istimewa)

Bogor, NU Online

Hampir seminggu lamanya, sejak banjir bandang menimpa rumah warga sekitar Gunung Mas, Puncak, Bogor, Jawa Barat, para pengurus NU Cisarua berjibaku membantu penanganan dampak bencana ini.

 

Aksi diawali dengan keputusan jajaran pengurus MWCNU yang langsung menjadikan Sekretariat MWCNU Cisarua, yaitu di area Masjid al-Muqsith, sebagai posko terpadu penerimaan bantuan. Ketua MWCNU Cisarua, lora Wafi Muhaimin, menunjuk Ketua UPZISNU, Ustadz Sun'an sebagai koordinator penerimaan bantuan.

 

Ada pula Kang Hasbi sebagai koordinator pendistribusian. Koordinator lapangan dikawal langsung oleh wakil ketua MWCNU Bah Daden, dan Bendahara Umum, H Satriyo.

 

Sejak awal, sinergitas antara MWCNU dan banom-banomnya terlihat sangat kompak. Di lokasi bencana, Ansor-Banser dan IPNU berjibaku membersihkan lumpur. Sementara UPZISNU, Fatayat NU, IPPNU sibuk menggalang dana dan sesekali waktu ke lokasi untuk mendistribusikan bantuan. 

 

Tak kalah sibuknya, ibu-ibu Muslimat NU tanpa mengenal lelah memasak untuk menyiapkan makan pekerja, dari pagi hingga malam, termasuk untuk didistribusikan kepada korban bencana.

 

Ketua Muslimat, Hj Masliyah, mengontrol langsung dapur umum NU, tempat ibu-ibu Muslimat NU memasak. Sementara, Ketua Fatayat, Hj Lilis Fauziah Balqis, bersama timnya menggalang bantuan, terutama menyangkut kebutuhan kaum perempuan.

 

Tak ketinggalan, anggota IPNU yang diketuai Rafli, selalu siaga di lokasi bencana dan berhari-hari menginap di posko dengan ditemani Kang Satiman dan Kang Yudi dari Banser.

 

Pada Jumat (21/1) sore anggota Kasatkorcab Kabupaten Bogor memenuhi posko MWCNU Cisarua. Ada sekitar 50 anggota Banser yang menginap di posko dan pagi harinya berangkat ke lokasi, dikawal langsung oleh Kang Ruslan, Ketua Kasatkotcab Kabupaten Bogor. Ia didampingi oleh PAC Ansor-Banser Cisarua.

 

Terlihat juga dari GMNU pusat, santri Pagar Nusa, dan pengurus LPBINU DKI Jakarta yang tidak hanya membantu secara material, tetapi juga ikut berjibaku di lokasi dengan ikut membersihkan sisa-sisa lumpur.

 

Dalam kesempatan ini, Ketua MWCNU menemui Ketua RW untuk menyampaikan permohonan maaf. "Saya mewakili suluruh keluarga NU Cisarua mohon maaf jika kurang maksimal dalam memberikan bantuan, dan terima kasih karena kami dari NU telah diterima dengan baik," ucap Lora Wafi.

 

Hingga Ahad (24/1) pagi bantuan dari berbagai pihak masih terus berdatangan, antara lain dari NU se-Kabupaten Bogor, INTI, LPBINU DKI Jakarta, dan dari instansi lainnya atau dari perorangan. Bahkan, dari NU Sawangan Depok sudah menghubungi panitia serta mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengirimkan bantuan dalam waktu dekat ini ke posko terpadu MWCNU Cisarua.

 

Bantuan tersebut diharapkan agar warga yang terdampak bencana cepat pulih kembali dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

 

Diberitakan, Kumparan banjir bandang melanda kawasan Gunung Mas Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengakibatkan jalanan desa tergenang lumpur, Selasa (19/1). Banjir juga mengakibatkan puluhan rumah warga rusak, bahkan beberapa akses jalan di wilayah tersebut tak dapat dilalui kendaraan. 

 

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan penyebab banjir bandang yang terjadi di kawasan Agrowisata Gunung Mas Puncak disebabkan adanya longsoran. Namun, dia belum tahu di mana lokasi longsoran tersebut. Sejumlah warga diungsikan ke rumah kerabat dan sebagian lainnya menempati Wisma PTPN 8 Gunung Mas.  

 

Kontributor: Hakim Hasan Kautsar
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online