Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser Seruyan Tempuh Ratusan Kilometer Bantu Korban Banjir Kalsel

Banser Seruyan Tempuh Ratusan Kilometer Bantu Korban Banjir Kalsel
Kedatangan Banser mengantar bantuan disambut warga terdampak banjir di hangat warga. (Foto: istimewa)
Kedatangan Banser mengantar bantuan disambut warga terdampak banjir di hangat warga. (Foto: istimewa)

Martapura, NU Online

Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendistribusikan bantuan untuk warga terdampak banjir, Ahad (24/1). Penggalangan dan penyaluran tersebut juga bekerjasama dengan NU Care-LAZISNU Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

 

Menempuh jarak 272 kilometer, rombongan Ansor-Banser ini  tiba dini hari keesokan harinya. Kedatangan mereka langsung disambut hangat oleh relawan dari NU Banjar Peduli Banjir di Gedung PCNU Kabupaten Banjar Jalan A Yani Km 40. Kelurahan Keraton, Kecamatan Martapura.

 

Ustadz Furqon, Ketua PAC Ansor Danau Seluluk mengatakan bahwa sebagai Nahdliyin, harus peduli dalam misi kemanusiaan di mana pun berada dan harus berusaha membantu setiap misi kemanusiaan. 

 

"Teman-teman dari Ansor-Banser Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan ingin ikut berpartisipasi meringankan beban dari korban banjir. Akhirnya kami menggalang dana di masyarakat keliling door to door," ujar Ustadz Furqon. 

 

Ustadz Furqon menceritakan bahwa masyarakat di desa nya sangat antusias untuk membantu meringankan beban dari korban banjir di Kalimantan Selatan. 

 

"Alhamdulillah terkumpul 27 juta lebih dan kami belanjakan berupa logistik bahan makanan, ada beras 20 karung, dan pakaian yang rata rata masih baru semua. Warga Desa Rungau Raya, Kecamatan Danau Seluluk antusias sekali (untuk menyalurkan bantuan). (Bantuan) baju saja terkumpul satu pick up," jelasnya.

 

Mengumpulkan bantuan dana selama tiga hari dan disambut antusias tersebut, pihaknya berterimakasih kepada Desa Rungau Raya, karena dari dana mereka kita bisa meringankan korban banjir di Kalsel. "Kami menyalurkan langsung PAC Danau Seluluk di bantu PC GP Ansor Kabupaten Banjar," beber Ustadz Furqon. 

 

Selain itu, Ustadz Furqon sangat berterimakasih kepada Pengurus NU Kabupaten Banjar atas sambutan hangat itu.  "Kami minta tolong di arahkan. Alhamdulillah dari Ustadz Nuryadi Ketua PCNU Kabupaten Banjar responsnya sangat baik. Dan, ahamdulillah dibantu tempat istirahat dan dijamu luar biasa," ucap Ustadz Furqon. 

 

Ustadz Furqo berharap semoga Banser dan para Nahdliyin pada umumnya bisa membantu semua umat. "Jadi slogan kami adalah dari umat untuk umat," pungkasnya.

 

Bantuan gas LPG 

​​​​​​Sementara itu, NU Care​-LAZISNU Kalimantan Selatan menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Desa Paku Alam, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Ahad (24/01).

 

Para relawan menggunakan perahu motor atau klotok menyalurkan bantuan berupa puluhan tabung gas LPG 3 kilogram dan ratusan paket sembako ke beberapa posko dan warga di kawasan desa tersebut. Bantuan ini merupakan penggalangan bersama kitabisa.com dan selebgram, Rachel Vennya.

 

"Alhamdulillah kali ini kita bisa lagi menyalurkan bantuan jadi kita berkerjasama dengan kitabisa.com dan selebgram Rachel Vennya," kata Saufi, Sekretaris NU Care-LAZISNU Kalsel.

 

Gas LPG 3 kilogram menjadi pilihan lantaran relawan posko dan warga kesulitan mencari gas sebagai bahan bakar untuk memasak. Hal itu disebabkan akses jalan yang terganggu serta tidak adanya bahan bakar pengganti seperti kayu bakar yang juga basah terkena banjir.

 

Penyaluran puluhan tabung gas LPG dan sembako dilakukan karena adanya keluhan warga yang kesulitan mendapatkan gas. Desa Paku Alam sendiri sempat terisolir dan kurang mendapatkan bantuan. Pasalnya akses jalan yang tidak bisa dilewati, terlebih desa tersenut berada di pinggiran sungai dan jauh dari perkotaan.

 

Kontributor: Muhammad Abdillah
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online